Penulis Utama : Pungky Risikawati
NIM / NIP : K3212043
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) latar belakang yang mendasari terbentuknya komunitas Indonesia’s Sketchers Sala, (2) proses pelaksanaan pembelajaran sketsa di komunitas Indonesia’s Sketchers Sala.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan strategi kasus tunggal terpancang dan dilaksanakan selama 7 bulan. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa foto, arsip dan dokumen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah model analisis jalinan.
    Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Latar belakang yang mendasari terbetuknya komunitas Indonesia’s Sketchers Sala adalah untuk membuat wadah bagi pecinta sketsa di kota solo dan adanya keinginan untuk belajar sketsa bersama di dalam sebuah komunitas. (2) Proses pembelajaran yang dilakukan komunitas Indonesia’s Sketchers Sala dilaksanakan melalui sosial media dan melalui gathering. Pembelajaran melalui sosial media dilakukan secara online dengan menggunakan facebook dan instagram komunitas. Sementara proses pembelajaran melalui gathering dilakukan secara langsung dengan melakukan proses sketsa bersama secara on the spot. Proses pembelajaran yang dilaksanakan komunitas Indonesia’s Sketchers Sala memiliki tujuan untuk belajar sketsa dan membelajarkan sketsa kepada masyarakat dan regenerasi komunitas. Metode pembelajaran yang digunakan dalam komunitas Indonesia’s Sketchers Sala adalah metode eksperimen, metode diskusi, dan metode presentasi. Materi disampaikan dengan cara diskusi, baik diskusi kelompok ataupun diskusi antar individu. Media pembelajaran yang digunakan yaitu contoh hasil karya sketsa, baik berupa hasil karya asli ataupun melalui foto. Guru dan peserta didik di dalam komunitas Indonesia’s Sketchers Sala bersifat fleksibel. Evaluasi dilakukan dengan cara diskusi dan sharing.
Kata kunci: proses pembelajaran, sketsa, komunitas Indonesia’s Skethers Sala

 

×
Penulis Utama : Pungky Risikawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212043
Tahun : 2017
Judul : Proses pembelajaran sketsa di komunitas Indonesia’s sketchers sala
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Seni Rupa-K3212043-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endang Widiyastuti, S.Pd., M.Pd.
2. Lili Hartono, S.Sn., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.