Penulis Utama : Karjo
NIM / NIP : S831208050
×

Tujuan   penelitian   ini  untuk   mengetahui   pengaruh   penerapan pendekatan Saintifik dengan model GI dan STAD ditinjau dari kemampuan berpikir deduktif   dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar.
Penelitian    ini    disusun    dalam    rancangan    faktorial    2x2x2.    Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 8  Surakarta. Sampel penelitian  ditentukan  secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua  kelas.  Kelas  eksperimen   I  diberi  perlakuan  menggunakan   pendekatan saintifik dengan model STAD  terdiri    dari    25    peserta    didik    dan    kelas    eksperimen    II diberi    perlakuan menggunakan pendekatan saintifik dengan model GI   terdiri dari 25 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan   teknik   tes   untuk   data   hasil   belajar kognitif dan kemampuan berpikir deduktif, sedangkan   angket untuk data motivasi berprestasi.  Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan sel tak sama dengan bantuan software SPSS 18.
Kesimpulan    yang   didapatkan    dari   penelitian    adalah:    (1)  ada pengaruh pembelajaran saintifik dengan model GI dan model STAD terhadap hasil belajar; (2) ada pengaruh kemampuan   berpikir   deduktif      terhadap   hasil  belajar; (3) ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar;   (4)     ada  interaksi   antara   pembelajaran Saintifik   dengan   GI   dan   STAD   dengan kemampuan    berpikir   deduktif   terhadap hasil   belajar ;   (5)    ada  interaksi  antara  pembelajaran saintifik   dengan   GI   dan STAD   dengan motivasi berprestasi   terhadap   hasil   belajar ;  (6)  tidak  ada interaksi antara kemampuan   berpikir deduktif dan motivasi berprestasi terhadap   hasil   belajar; (7)   ada  interaksi  antara  pembelajaran saintifik    dengan    GI    dan   STAD   dengan kemampuan berpikir deduktif dan motivasi berprestasi   terhadap   hasil   belajar.

Kata Kunci     : pendekatan saintifik, model kooperatif group investigation (GI), model kooperatif STAD, berpikir deduktif, motivasi berprestasi, pencemaran ling- kungan.

 

×
Penulis Utama : Karjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831208050
Tahun : 2017
Judul : Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi dengan model gi dan stad ditinjau dari kemampuan berpikir deduktif dan motivasi berprestasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Sains-S831208050-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. Ashadi.
2. Prof.Dr. Sugiyarto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.