Penulis Utama : Catur Munawaroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0414013
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh pengalaman petani dan pengaruh orang lain terhadap adopsi mesin tanam rice transplanter di kecamatan Mojolaban kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Prog Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H0414013-2019
Subyek : ADOPSI MESIN RICE, IRIGASI, PERTANIAN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pangan memegang peranan penting dalam perkembangan pertanian Indonesia. Berbagai upaya terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan bahan pangan yang terus mengalami peningkatan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dikeluarkannya Pedoman Upaya Khusus (UPSUS) Peningkatan Produksi Padi, Jagung, Kedelai melalui Program Perbaikan Jaringan Irigasi dan Sarana Pendukungnya. Salah satu mesin pertanian sebagai sarana penunjang yang diberikan pemerintah yaitu mesin tanam rice transplanter. Kecamatan Mojolaban merupakan kecamatan yang memiliki jumlah mesin tanm rice transplanter terbanyak di Kabupaten Sukoharjo. Permasalahannya adalah petani di Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo sulit untuk menerima inovasi mesin tanam rice transplanter. Dilihat dari keuntungan yang dapat diperoleh dari adanya mesin tanam rice transplanter seharusnya petani di Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo banyak yang sudah memanfaatkannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengalaman petani, pengaruh orang lain, sikap petani terhadap adopsi mesin tanam rice transplanter dan adopsi petani terhadap mesin tanam rice transplanter di Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo dan untuk mengkaji pengaruh pengalaman petani, pengaruh orang lain dan sikap secara parsial (sebagian) dan simultan (menyeluruh) terhadap adopsi mesin tanam  rice  transplanter  di  Kecamatan  Mojolaban  Kabupaten  Sukoharjo.  Metode dasar penelitian yaitu kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive (sengaja) yaitu di Kecamatan Mojolaban. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode penelitian proportional random sampling dengan jumlah 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan path analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman petani di Kecamatan Mojolaban  yaitu rendah, pengaruh orang lain  yaitu jarang, sikap petani terhadap adopsi mesin tanam rice transplanter yaitu kurang setuju dan adopsi petani terhadap mesin tanam rice transplanter yaitu tidak pernah mengadopsi. Secara parsial pengalaman petani berpengaruh signifikan terhadap adopsi mesin tanam rice transplanter secara langsung lebih besar jika dibandingkan melalui sikap, pengaruh orang  lain  berpengaruh  tidak  signifikan  terhadap     adopsi  mesin  tanam  rice transplanter dan sikap petani berpengaruh signifikan terhadap adopsi mesin tanam rice transplanter di Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Pengalaman petani, pengaruh  orang  lain  dan  sikap  secara  simultan  berpengaruh  signifikan  terhadap adopsi   mesin   tanam   rice   transplanter   di   Kecamatan   Mojolaban   Kabupaten Sukoharjo.

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suminah, M.Si.
2. Hanifah Ihsaniyati, S.P., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian