Penulis Utama : Fuji Fauziah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1117030
Tahun : 2019
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Kemasan Halal Berlabel Mui di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi Dan Bisnis - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi Dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan -F1117030-2019
Subyek : RELIGIUSITAS, KESADARAN HALAL, SERTIFIKAT HALAL, BAHAN MAKANAN, MINAT BELI, REGRESI LOGISTIK.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Mayoritas penduduk di Kota Surakarta adalah beragama Islam dengan jumlah 452.347 jiwa (BPS Kota Surakarta tahun 2015). Dengan banyaknya penduduk muslim maka diwajibkan mengonsumsi makanan sesuai dengan syariat Islam yaitu halalan thayyiban. Salah satu faktor permasalahan keputusan minat pembelian akan produk dalam segi makanan adalah mengenai minat pembelian produk makanan halal. Konsumen muslim perlu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai pentingnya mengonsumsi produk makanan halal, selain sebagai salah satu bentuk ketaatan dan ketakwaan, mengonsumsi produk makanan halal merupakan bentuk dari kewaspadaan akan bahan dan zat yang berbahaya.
Banyaknya produk makanan yang beredar di masyarakat salah satunya adalah produk makanan dalam kemasan. Adanya sertifikat dan logo halal dari MUI menjadi salah satu identitas dari suatu produk dalam menentukan kehalalannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengenai pengaruh religiusitas, kesadaran halal, sertifikat halal dan bahan makanan terhadap minat beli produk makanan kemasan halal. Penelitian menggunakan metode non probability sampling yang dilakukan di lima kecamatan yang berada di Kota Surakarta dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden.
Analisis menggunakan regresi logistik dengan variabel independen minat beli memiliki dua pilihan (dummy) yaitu minat beli dan tidak minat beli. Hasil analisis data menjelaskan bahwa religiusitas dan bahan makanan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli produk makanan kemasan halal sedangkan kesadaran halal dan sertifikat halal tidak memiliki pengaruh signifikan.


Kata Kunci: Religiusitas, Kesadaran Halal, Sertifikat Halal,Bahan Makanan, Minat Beli, Regresi Logistik.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Aisyah Tri Rahayu., S.E., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis