Penulis Utama : Endang Kurniyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Hubungan kepuasan kerja dengan prestasi kerja karyawan pada koperasi simpan pinjam (KSP) Tunas Jaya di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1202026-2004
Subyek : MANAJEMEN PERSONALIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara faktor kepuasan kerja dengan prestasi kerja karyawan dan untuk menguji, manakah diantara faktor-faktor kepuasan kerja yang mempunyai hubungan yang paling kuat dengan prestasi kerja karyawan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Tunas Jaya di Surakarta. Hipotesis yang diajukan oleh peneliti yaitu : yang pertama adalah diduga terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dengan prestasi kerja karyawan. Dan yang kedua adalah diduga faktor finansial mempunyai hubungan yang paling kuat dengan prestasi kerja karyawan.

Sasaran utama yang menjadi objek penelitian adalah karyawan KSP Tunas Jaya di Surakarta pada saat itu, dengan jumlah populasi sebesar 120 orang. Pada penelitian ini untuk memperoleh data maka disebarkan kuesioner kepada responden. Data diambil dari seluruh responden sebanyak 30 orang. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan pengujian instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas) serta analisis korelasi Rank Spearman. Dalam penelitian ini variabel independen adalah empat faktor kepuasan kerja para karyawan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Tunas Jaya di Surakarta. Faktor- faktor tersebut antara lain : faktor Psikologi, faktor sosial, faktor fisik dan faktor finansial. Sedangkan variabel dependen adalah prestasi kerja para karyawan KSP Tunas Jaya. Prestasi kerja para karyawan dinilai oleh Kepala Divisi, yang hasilnya berupa rapor kinerja para karyawan KSP Tunas Jaya di Surakarta.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel kepuasan kerja mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi kerja karyawan. Berdasarkan analisis korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa variabel faktor sosial memiliki hubungan yang paling kuat dengan prestasi kerja karyawan. Melihat hasil penelitian tersebut diatas berarti hipotesis yang kedua tidak terbukti.

Adapun saran yang dikemukakan dalam penelitian ini untuk strategi ke depan pihak perusahaan hendaknya memperhatikan dan meningkatkan secara terus menerus keempat faktor-faktor kepuasan kerja tersebut agar dapat meningkatkan prestasi kerja karyawan KSP Tunas Jaya di Surakarta. Dengan cara antara lain : Pihak perusahaan hendaknya memperhatikan dan meningkatkan faktor sosial, dimana faktor sosial mempunyai hubungan yang paling kuat dengan prestasi kerja karyawan. Serta untuk strategi kedepan hendaknya pihak perusahaan lebih memperhatikan faktor fisik, dimana faktor fisik mempunyai hubungan yang paling rendah diantara faktor-faktor kepuasan kerja. Caranya dengan memperbaiki fisik kantor dan fisik karyawannya. Untuk faktor psikologi perusahaan diharapkan dapat memberikan suasana yang mendukung terjadinya kesinergian usaha agar tujuan dapat tercapai. Faktor finansial dapat ditingkatkan dengan membuat sistem penggajian yang benar, memberikan tunjangan dan jaminan sosial karyawan sehingga kesejahteraan mereka dapat tercapai
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. I. Sri Seventi Pujiastuti
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis