Penulis Utama : Elan Akbar Lazuardi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0111023
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Aggressive Driving Ditinjau Dari Altruisme Dan Kematangan Emosi Pada Remaja Di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Kedokteran Prog.Studi Psikologi-G0111023-2016
Subyek : AGGRESSIVE DRIVING, ALTRUISME, KEMATANGAN EMOSI, REMAJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Aggressive driving merupakan perilaku mengemudi yang membahayakan diri sendiri dan orang lain, meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, yang diakibatkan oleh emosi negatif dalam diri maupun keinginan untuk menghemat waktu. Seiring dengan perkembangan remaja, maka perbedaan usia memiliki tingkat altruisme dan kematangan emosi yang berbeda. Perbedaan ini terlihat dari perilaku sehari-hari individu, termasuk saat berkendara di jalan. Berkaitan dengan hal tersebut, tingkat altruisme dan kematangan emosi yang berbeda pada remaja mengarahkan pada tingkat aggressive driving yang berbeda pula.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aggressive driving ditinjau dari altruisme, perbedaan aggressive driving ditinjau dari kematangan emosi, dan perbedaan aggressive driving ditinjau dari altruisme dan kematangan emosi pada remaja di Kota Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis two-way anova dan pengujian parametrik. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja usia 17-21 tahun di Kota Surakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 93 orang remaja. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan incidental sampling.  Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala aggressive driving, skala altruisme, dan skala kematangan emosi.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan aggressive driving ditinjau dari altruisme (Fhitung = 1,865, p > 0,05). Hasil analisis data selanjutnya menunjukkan terdapat perbedaan aggressive driving ditinjau dari kematangan emosi (Fhitung = 4,700; p < 0>aggressive driving ditinjau dari altruisme dan kematangan emosi (Fhitung = 0,005; p > 0,05).

 

Kata kunci: aggressive driving, altruisme, kematangan emosi, remaja 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERSETUJUAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bagus Wicaksono, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran