Penulis Utama : Ayunindya Zainab Achmad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516019
Tahun : 2019
Judul : Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (Ptsl) Di Badan Pertanahan Nasional (Bpn) Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Isipol - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Isipol, Program Studi D3 Manajemen Administrasi
Subyek : PENDAFTAR TANAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
 
AYUNINDYA ZAINAB ACHMAD, D1516019, PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) DI BADAN PERTANAHAN NASIONAL (BPN) SUKOHARJO, Laporan Tugas Akhir, Program Studi Manajemen Administrasi, Program Diploma III, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2019.
     Penulisan Tugas Akhir ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran mengenai Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo. Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini tentang bagaimana penerapan peraturan Pemerintah yang menjadi pedoman dalam pelaksanaanya yaitu Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018.
     Jenis pengamatan yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan mendatangi lokasi pengamatan kemudian mengamati dan mencatat hal yang berlangsung menurut kondisi aslinya, tidak hanya mengamati kegiatan yang sedang berlangsung akan tetapi juga lingkungan sekitarmya seperti komunikasi antar pegawai, kondisi bangunan, keadaan ruangan, benda atau peralatan dan perlengkapan yang ada yang menunjang kelancaran kegiatan terkait pekerjaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan arsip serta perekaman.  
     Berdasarkan hasil pengamatan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo diperoleh hasil bahwa Prosedur Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah Pra Penyuluhan dalam rangka mempersiapkan kegiatan, pelaksanaan Penyuluhan, Pengumpulan Data Fisik dan Data Yuridis dari pemohon, Penelitian Data Yuridis untuk Pembuktian Hak, Pengumuman Data Fisik dan Data Yuridis serta Pengesahannya di Balai Kota, Pembukuan Hak, Penerbitan Sertipikat Hak Atas Tanah, Pendokumentasian dan Penyerahan Hasil Kegiatan, Pelaporan telah selesainya pelaksanaan kegiatan PTSL dan Biaya-biaya yang dikenakan dalam pelaksanaan kegiatan.
xvi
 
     Dalam pengamatan ini, pelaksanaan Prosedur Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo sudah sesuai dengan prosedur yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.
 
Kata Kunci : Pendaftaran Tanah, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
DAFTAR PUSTAKA.pdf
HALAMAN AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Sakur, M.S.
2. Bapak Drs. Ali, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP