Penulis Utama : Muhamad Agung Nugroho
NIM / NIP : B3215032
×

Seiring   berjalannya   waktu,   industri   pariwisata   Indonesia   semakin diperhatikan oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu sumber pendapatan negara, oleh karena itu faktor keamanan dan kenyamanan wisatawan dalam berwisata menjadi prioritas utama. Terbukti dari dibuatnya slogan pemerintah Wonderful Indonesia dan konsep Sapta Pesona pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah, kemudian bagaimana upaya Perkumpulan Solo Bersimfoni dalam menciptakan kota yang aman sesuai dengan salah satu poin Sapta Pesona, serta beberapa kendala yang dihadapi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan praktik kerja yang dilakukan langsung di kantor Perkumpulan Solo Bersimfoni. Metode wawancara kepada  Progam  Officer  dan  Relawan  Solo  Bersimfoni,  metode  studi  pustaka untuk memperoleh data dari buku, modul Hastha Laku dan arsip Perkumpulan Solo Bersimfoni Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai upaya yang dilakukan  oleh  Perkumpulan  Solo  Bersimfoni  dalam  menciptakan  kota  yang aman.  Menjelaskan  nilai-nilai  Hastha  Laku  Solo  Bersimfoni,  Progam Perkumpulan Solo Bersimfoni, dan kendala yang dihadapi.
Beberapa kendala yang dialami Perkumpulan Solo Bersimfoni antara lain kurangnya SDM untuk media center, pengaruh budaya barat, dan kurangnya komunikasi relawan Solo Bersimfoni. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu upaya yang dilakukan oleh Perkumpulan Solo Bersimfoni sudah maksimal, tidak hanya melakukan kampanye melalui media sosial tetapi juga melalui media cetak, media masa, serta melaksanakan berbagai kegiatan kesalehan sosial.

 

Kata  Kunci:  Pariwisata,  Perkumpulan  Solo  Bersimfoni,  Hastha  Laku,  Sapta Pesona

×
Penulis Utama : Muhamad Agung Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215032
Tahun : 2019
Judul : Nilai hastha laku sebagai upaya menciptakan kota pariwisata yang aman oleh perkumpulan Solo bersimfoni di kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. D III Usaha Perjalanan Wisata-B3215032-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST, M.Sc
2. Umi Yuliati, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.