Penulis Utama : Ayu Kurniawati
NIM / NIP : B3216012
×


Ayu Kurniawati, B3216012. 2019. “Strategi Wilis Tour & Travel dalam Membangun Kerjasama dengan Dinas-Dinas di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karanganyar”. Program Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang strategi dari Wilis Tour & Travel dalam membangun kerjasama dengan dinas pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dari Wilis Tour & Travel dalam membangun kerjasama dengan dinas-dinas di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karanganyar dan kendala serta solusi dalam mempertahankan kerjasama dengan dinas-dinas.
Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan strategi Wilis Tour & Travel dalam membangun kerjasama dengan dinas-dinas. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, studi pustaka, observasi dan studi dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah Wilis Tour & Travel menerapkan beberapa strategi untuk membangun kerjasama dengan dinas-dinas di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karanganyar, strategi pertama dengan memiliki database dari klien dinas pemerintah, lalu strategi pemasaran melalui media sosial dan melakukan pendekatan kepada calon klien dari dinas pemerintah, selanjutnya melakukan kegiatan sales call untuk menjalin komunikasi yang baik dengan klien, dan yang terakhir Wilis Tour & Travel ingin selalu menjaga kepercayaan dari konsumennya dengan terus memberikan produk wisata dan pelayanan yang memuaskan bagi klien dari dinas pemerintah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Wilis Tour & Travel memiliki beberapa strategi yang dilakukan dalam membangun kerjasamanya dengan klien dari dinas pemerintah, strategi yang digunakan sudah baik dilihat dari respon klien yang merasa puas menggunakan produk paket wisata dan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Wilis Tour & Travel. Kendala yang pertama yaitu, cara untuk meyakinkan klien baru yang belum pernah menggunakan produk paket wisata dari Wilis Tour & Travel, lalu solusi yang diberikan adalah melakukan perencanaan dan persiapan, seperti mengetahui siapa calon klien dan dapat memahami keinginan serta kebutuhan dari calon klien. Kendala kedua yaitu  menentukan harga tiket pesawat, lalu solusi yang diberikan dengan cara staf dari perusahaan dapat selalu update pada situs online penjualan tiket pesawat dan dapat meminta informasi mengenai harga tiket pesawat kepada pihak agent tiket yang sudah menjalin kerjasama dengan Wilis Tour & Travel.

Kata kunci : Strategi Membangun Kerjasama, Dinas Pemerintah, Tour & Travel

×
Penulis Utama : Ayu Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3216012
Tahun : 2019
Judul : Strategi wilis tour & travel dalam membangun kerjasama dengan dinas-dinas di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS - F. Ilmu Budaya Prodi Usaha Perjalanan Wisata- B3216012 - 2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Joko Sadoso Priyo, M.M
2. Tiwuk Kusuma Hastuti, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.