Penulis Utama : Sundari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021502047
Tahun : 2016
Judul : Analisis jalur tentang determinanyang mempengaruhi pemeriksaan inspeksi visual asam asetat di Kabupaten Temanggung
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021502047-2016
Subyek : KANKER SERVIK, DETERMINAN PEMERIKSAAN IVA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang : Kanker serviks merupakan jenis kanker terbanyak kedua penyebab  kematian pada wanita.  Metode  Inspeksi Visual Asam Asetat  (IVA) merupakan  salah  satu  metode  untuk  melakukan  deteksi  dini  terhadap  kanker servik. Cakupan pemeriksaan IVA pada wanita usia subur masih rendah meskipun program ini sudah lama berjalan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis determinan yang mempengaruhi pemeriksaan IVA .
Subyek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan case control. Penelitian dilaksanakan bulan Oktober- November 2016 di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung. Sampel dipilih dengan teknik fixed disease sampling sebesar 120 wanita usia subur. Variabel endogen: pendidikan, jarak peyanan kesehatan, jaminan kesehatan dan dukungan suami. Variabel eksogen: pengetahuan, biaya periksa dan perilaku periksa IVA. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah path analysis.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terdapat enam variabel yang berhubungan langsung dengan perilaku pemeriksaan IVA dan dinyatakan signifikan secara statistik yaitu jarak tempat pemeriksaan IVA (b = -1.46; CI 95% = -2.49 s.d -0.42; p = 0.006), dukungan suami (b = 1.54; CI 95% = 0.27s.d 2.81; p = 0.018), dan biaya periksa IVA (b = 1.08; CI 95% = -0.13 s.d 2.29; p = 0.081). Variabel yang secara statistik tidak signifikan adalah pendidikan dan pengetahuan. Variabel yang berhubungan  tidak  langsung  dengan  perilaku  pemeriksaan  IVA  dan  secara statistik signifikan adalah jaminan kesehatan melalui keterjangkauan biaya periksa IVA (b = 1.59; CI 95%= 0.53 s.d 2.64; p = 0.003).
Kesimpulan: Terdapat hubungan langsung antara pendidikan, pengetahuan, jarak
tempat periksa, keterjangkauan biaya,jaminan kesehatan dan dukungan suami dengan  perilaku  pemeriksaan  IVA.  Terdapat  hubungan  secara  tidak  langsung antara pendidikan melalui pengetahuan dan jaminan kesehatan melalui keterjangkauan biaya periksa dengan perilaku pemeriksaan IVA. Penelitian ini menyarankan kepada instansi pemerintah dapat menyediakan tempat pemeriksaan IVA secara terjangkau dan keluarag/suami lebih memberikan dukungan pada wanita usia subur untuk melakukan deteksi dini kanker servik.

Kata kunci : Kanker servik, determinan pemeriksaan IVA

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bhisma Murti, dr. MPH. M.Sc. Ph.D.
2. Prof. Dr. Nunuk Suryani, MPd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana