Penulis Utama : Nerissa Erviana Hadianti Kustoyo
NIM / NIP : D0312057
×

ABSTRAK
Nerissa Erviana Hadianti. K. D0312057. Pemaknaan Mahasiswa Terhadap Simbol Pancasila Sebagai Identitas Bangsa (Studi Kasus Mahasiswa FISIP UNS Terhadap Simbol Pancasila Sebagai Identitas Bangsa). Skripsi Pembimbing : Siti Zunariyah, S.Sos., M.Si. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2019.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : Mengetahui pemaknaan arti symbol Pancasila di dalam jiwa para mahasiswa, Mengetahui pengamalan nilai – nilai Pancasila pada kehidupan mahasiswa, Mengetahui mahasiswa dalam menyikapi Pancasila terhadap makna identitas suatu bangsa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui teknik wawancara mendalam, dan observasi langsung. Data primer diperoleh dari hasil wawancara. Pengambilan sampel penelitian ini adalah melalui purposive sampling.
Hasil penelitian ini adalah: Pemaknaan mahasiswa terhadap Pancasila berdasarkan teori tindakan Max Weber dapat dikategorikan ke dalam jenis tindakan rasional nilai (werk rational) yang didasarkan pada nilai ketuhanan, saling menghargai, adab, dan kemanusiaan, serta nilai keadilan. Selain itu tindakan afektif (affectif action) yang didasarkan pada rasa cinta tanh air dan persatuan, Pengamalan Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa dapat dikategorikan ke dalam tindakan rasional nilai yang didasarkan pada saling menghormati dan tidak membedakan antar pemeluk agama, nilai persatuan dan nilai musyawarah untuk mufakat; tindakan afektif yang didasarkan pada rasa cinta tanah air; tindakan rasional instrumental yang didasarkan pada sarana menghormati dan tenggang rasa untuk mencapai damai dan persatuan, dan sarana pergaulan, partisipasi dalam kegiatan-kegiatan dalam masyarakat, Sikap mahasiswa terhadap Pancasila sebagai identitasi suatu bangsa dikategorikan ke dalam tindakan rasional nilai yang didasarkan pada nilai menghormati perbedaan, nilai kebersamaan atau persatuan; tindakan nilai rasional instrumental (zwerk rational) yang didasarkan pada sarana musyawarah untuk mufakat, perjuangan untuk mencapai tujuan; tindakan afektif (affectif action) yang didasarkan pada rasa cinta tanah air.
Kata kunci: Pemaknaan, Mahasiswa, Pancasila, Tindakan.

×
Penulis Utama : Nerissa Erviana Hadianti Kustoyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0312057
Tahun : 2019
Judul : Pemaknaan Mahasiswa Terhadap Simbol Pancasila Sebagai Identitas Bangsa (Studi Kasus Mahasiswa Fisip Uns Terhadap Simbol Pancasila Sebagai Identitas Bangsa)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS, Fak.ISIPOL, Program Studi Sosiologi, 2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Zunariyah, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.