Penulis Utama : Ivan Wisnu Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3513040
Tahun : 2016
Judul : Penerapan fungsi dan sistem administrasi gudang barang jadi pada PT. Efrata Retailindo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog Studi Manajemen Bisnis- F3513040-2016
Subyek : SISTEMADMINISTRASI, FUNGSI GUDANG, PENGELOLAAN BARANG.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT. Efrata Retailindo merupakan perusahaan yang berskala menengah yang bergerak di bidang tekstil dan garmen. Barang yang diproduksi ada berbagai macam dan ukuran yang berbeda sesuai permintaan konsumen dan pasar. Apabila barang yang dipasarkan tidak laku atau tidak sesuai pesanan, maka perusahaan akan bertanggung jawab mengganti dengan barang baru. Barang yang tidak sesuai konsumen sementara akan disimpan pada gudang barang jadi PT. Efrata Retailindo dan akan dijual kepada konsumen lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi sistem administrasi operasional gudang barang jadi dalam rangka pencapaian fungsi gudang yang optimal pada gudang jadi PT. Efrata Retailindo.
Selain memberi penjelasan serta gambaran terhadap sistem yang diterapkan apakah sudah sesuai dengan standar atau tidak, penelitian ini juga bertujuan untuk memaparkan kekurangan dalam pengelolaan barang pada gudang barang jadi. Evaluasi sistem administrasi operasional pada fungsi gudang dapat memperlancar proses keluar masuknya barang dan membantu suasana kerja menjadi nyaman sehingga karyawan dapat bekerja secara maksimal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawacara, observasi, dan studi pustaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Dengan demikian dari hasil pengamatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa setiap kegiatan administrasi yang dilakukan dari barang masuk, penyimpanan, packing, hingga barang keluar harus melewati proses administrasi gudang terlebih dahulu. Terdapat beberapa kekurangan dalam pengelolaan barang pada gudang seperti kurang luasnya area gudang, kurang banyaknya rak-rak penyimpanan, belum adanya rak untuk barang retur dan kurang cepatnya input data barang masuk sehingga barang banyak yang berantakan di area gudang dan packing. Dari beberapa kendala tersebut saran yang dapat disampaikan penulis adalah dilakukannya pengelolaan ulang gudang yang baik, penempatan barang secara teratur, dan memberi penjelasan kepada karyawan agar memperbaiki kinerja dalam pengelolaan barang di gudang barang jadi.

Kata Kunci:SistemAdministrasi, Fungsi Gudang, Pengelolaan Barang.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wahyu Trinarningsih, SE, MM, MA.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis