Penulis Utama : Yogie Pridatama
NIM / NIP : F1114040
×

Efisiensi adalah penentu stabilitas bank (Mulyaningsih, Daly, dan Miranti, 2016). Studi mereka pada bank konvensional di Indonesia menemukan bahwa bank inefisien memiliki probabilitas lebih besar untuk bangkrut.Survei efisiensi yang dilakukan oleh Zawya (2015) menemukan bahwa bank syariah di Indonesia tidak termasuk bank yang efisien.Lebih lanjut studi dari Beck, Demirguc-Kunt dan Merrouche (2013) menemukan bahwa bank syariah kurang efisien secara biaya, memiliki rasio intermediasi yang lebih tinggi, kualitas aset yang lebih tinggi, dan lebih baik dari tingkat kapitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor penentu efisiensi perbankan syariah dan pengaruh efisiensi terhadap stabilitas bank syariah di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan ekonometrik efek tetap (fixed effect) untuk menangkap perbedan karakteristik tiap bank. Selanjutnya, nilai efisiensi menggunakan rasio BOPO/Overhead dan nilai stabilitas menggunakan z-score tiga tahun rolling window. Bank syariah yang diteliti berjumlah 20 bank, terdiri atas 4 bank umum syariah dan 16 unit usaha syariah BPD, serta non-BPD pada tahun 2008-2014.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa jumlah total aset perbankan syariah, pendapatan selain pembiayan, rasio kredit dibagi dana pihak ketiga ada pengaruh negatif signifikan terhadap efisiensi BOPO/Overhead. Sedangkan, rasio total ekuitas dibagi total aset, pangsa pasar berpengaruh positif signifikan. Penelitian ini juga menemukan bahwa efisiensi memiliki kontribusi untuk meningkatkan stabilitas bank syariah.


Kata kunci: Bank syariah, Efisiensi, Stabilitas, fixed effect.

 

×
Penulis Utama : Yogie Pridatama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1114040
Tahun : 2017
Judul : Efisiensi dan stabilitas pada industri perbankan syariah di Indonesia 2008-2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog Studi Ekonomi Pembangunan-F1114040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tri Mulyaningsih, S.E., M.Si., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.