Penulis Utama : Ade Rosita Savitri
NIM / NIP : K4212001
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan dan mendeskripsikan unsur intrinsik novel Kelangan Satang (Seri Wiradi); (2) menjelaskan dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter novel Kelangan Satang (Seri Wiradi) karya  Suparto  Brata;  (3)  menjelaskan  relevansi  materi  pembelajaran  apresiasi sastra Jawa menggunakan novel Kelangan Satang (Seri Wiradi) di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah analisis struktural novel. Data dan sumber data pada penelitian ini adalah dokumen yang berupa novel Kelangan Satang (Seri Wiradi) dan informan yaitu pakar sastra, guru mata pelajaran bahasa Jawa, dan  siswa  SMA  Negeri  1  Cilacap.  Teknik  yang  digunakan  adalah  analisis dokumen dan wawancara mendalam. Pengambilan subjek penelitian ini dilakukan dengan pertimbangan tertentu sehingga menggunakan teknik purposive sampling.
Berdasarkan  hasil  analisis  data  yang  telah  dilakukan,  novel  Kelangan Satang  (Seri  Wiradi)  memiliki  unsur intrinsik,  seperti;  tokoh  dan  penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan tema. Nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam  novel  antara  lain  nilai  yang  berhubungan  dengan  Tuhan,  diri  sendiri,
antarsesama,  dan  lingkungan  alam.  Kesimpulan  penelitian  ini  adalah  novel
Kelangan Satang (Seri Wiradi) dapat digunakan dalam pembelajaran materi apresiasi sastra pada kelas XI.

Kata Kunci : struktural , pendidikan karakter, Kelangan Satang (Seri Wiradi), materi pembelajaran, apresiasi sastra Jawa.

 

×
Penulis Utama : Ade Rosita Savitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212001
Tahun : 2017
Judul : Analisis struktural dan nilai pendidikan karakter novel kelangan satang (seri wiradi) Karya Suparto Brata serta relevansinya sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra jawa di SMA kelas XI
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4212001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Drs. Sarto, M.,M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.