Penulis Utama : Vernanda Safitri
NIM / NIP : E0015414
×

ABSTRAK

Vernanda Safitri, E0015414. 2019. PENJATUHAN PIDANA DENDA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (STUDI PUTUSAN NOMOR 20 PID/SUS-ANAK/2015/PN.PDG DAN PUTUSAN NOMOR 1/PID.SUS.ANAK/2016/PN.SNB). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penjatuhan pidana denda terhadap anak yang melakukan tindak pidana kekerasan seksual dalam Putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor 20 Pid/Sus-Anak/2015/PN.PDG dan Putusan Pengadilan Negeri Sinabang Nomor 1/Pid.Sus.Anak/2016/PN.SNB.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan sifat preskriptif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Bahan hukum yang digunakan terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan ialah studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik deduksi dengan metode silogisme hukum.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak telah menghapus ketentuan pidana denda bagi ‘Anak yang berkonflik dengan hukum’ melalui pengubahan bentuk pidana denda ke pidana wajib pelatihan kerja sehingga tidak dapat dijatuhi pidana denda selain diubah kedalam bentuk pidana wajib pelatihan kerja. Putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor 20 Pid/Sus-Anak/2015/PN.PDG dan Putusan Pengadilan Negeri Sinabang Nomor 1/Pid.Sus.Anak/2016/PN.SNB menunjukkan masih terdapat pidana denda terhadap “Anak yang berkonflik dengan hukum’ yang tidak diubah ke dalam bentuk pidana wajib pelatihan kerja. Penuntut Umum dan Hakim dalam kedua putusan tersebut tidak mendasarkan tuntutan pidana dan pemidanaan terhadap ketentuan Pasal 71 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Kata Kunci : Pidana Denda, Anak, Tindak Pidana Kekerasan Seksual.

×
Penulis Utama : Vernanda Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015414
Tahun : 2019
Judul : Penjatuhan Pidana Denda Terhadap Anak Yang Melakukan Tindak Pidana Kekerasan Seksual (Studi Putusan Nomor 20 PID/SUS-ANAK/2015/PN.PDG Dan Putusan Nomor 1/PID.SUS.ANAK/2016/PN.SNB)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Prodi. ILmu Hukum-E0015414-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Widodo Tresno Novianto, S. H., M. Hum
2. Bapak Sabar Slamet, S. H., M. H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.