Penulis Utama : Kartini
NIM / NIP : A121608030
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menghasilkan model latihan teknik bantingan yang layak guna meningkatkan penguasaan teknik bantingan pencak silat pada atlet remaja kategori tanding, dan (2) mengetahui keefektifan model latihan teknik bantingan pencak silat pada atlet remaja dalam upaya peningkatan penguasaan teknik bantingan kategori tanding.

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall dan dimodifikasi oleh Sugiyono menjadi dua tahap, yaitu pra-pengembangan dan tahap pengembangan. Subjek uji coba skala kecil terdiri dari 10 atlet kategori tanding PPLP DIY. Uji coba skala besar terdiri dari 15 atlet kategori tanding PAB DIY. Uji keefektifan dilakukan kepada 20 atlet PLAPD Kab. Sleman menggunakan pre-eksperimental design intact group comparison kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok kontrol dan kelompok treatment, analisis hasil menggunakan perbandingan nilai rata-rata kelompok. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner, lembar skala nilai, lembar observasi, lembar keefektivan, tes hasil unjuk kerja teknik bantingan. Teknik analisis data menggunakan penilaian acuan patokan (PAP).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model latihan teknik bantingan pencak silat kategori tanding berbasis analisis biomekanika untuk atlet remaja termasuk dalam kategori “sangat baik”, dengan hasil menurut ahli materi (Bantingan I, 93,75%, Bantingan II, 93,75%, Bantingan III, 93,75%, Bantingan IV, 91,67%, Bantingan V, 93,75%, Bantingan VI, 95,83%), ahli biomekanika (100%), ahli evaluasi (91,66%), ahli media (97,11%) dan ahli praktisi atau pelatih (83,83%). Terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelompok treatment dan kelompok kontrol, yang mana kelompok treatment diberikan metode baru sementara kelompok kontrol diberikan metode lama. Pada bantingan I, II, III, IV, V dan VI nilai rata-rata kelompok treatment yaitu 164, 173, 177, 173, 175, 175, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 104, 108, 105, 109, 110, 112. Maka dapat dihitung selisih nilai antara metode baru dan lama yakni 60-72 poin. Produk penelitian yang dihasilkan berupa buku panduan dan DVD model latihan teknik bantingan pencak silat yang berbasis analisis biomekanika untuk atlet remaja kategori tanding, dengan jumlah enam model latihan, yaitu model latihan teknik: (1) Bantingan I, (2) Bantingan II, (3) Bantingan III, (4) Bantingan IV, (5) Bantingan V, dan (6) Bantingan VI. Dari hasil penilaian para ahli dan uji keefektivan, dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan layak dan efektif digunakan sebagai model latihan teknik bantingan pencak silat untuk atlet remaja kategori tanding.

Kata Kunci: Model latihan, Teknik Bantingan Pencak Silat, Analisis Biomekanika, Atlet Remaja, Kategori Tanding

×
Penulis Utama : Kartini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121608030
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Model Latihan Teknik Bantingan Pencak Silat Kategori Tanding Berbasis Analisis Biomekanika untuk Atlet Remaja (Studi Pengembangan dalam Upaya Peningkatan Penguasaan Teknik Bantingan pada Pembinaan Atlet Berbakat Daerah Istimewa Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Program Studi Ilmu Keolahragaan-A121608030-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Siswandari, M. Stats
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.