Penulis Utama : Ahmad Pramudiyanto
NIM / NIP : S441602001
×

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tanda dan makna dalam wanda wayang tokoh panakawan dan relevansinya sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Jawa siswa SMA. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menafsirkan bentuk wanda wayang kulit tokoh panakawan beserta fungsinya dalam pakeliran, (2) menafsirkan tanda dan makna dalam  wanda wayang tokoh panakawan (3) mengetahui relevansi makna filosfis wanda wayang tokoh panakawan sebagai bahan ajar siswa SMA.

Data pada penelitian ini adalah bentuk dan fungsi wanda panakawan, tanda dan makna pada wanda panakawan, serta relevansi wanda panakawan sebagai bahan ajar. Sumber data pada penelitian ini adalah hasil dokumentasi, narasumber, dan bentuk fisik wanda panakawan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara, analisis isi, serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan analisis Spradley. Narasumber dalam penelitian ini antara lain dalang yang memahami atau menggunakan gagrak Surakarta, budayawan, serta guru. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode.

Terdapat tiga hasil dari penelitian ini. Pertama bentuk dan fungsi wanda panakawan dalam pakeliran. Masing-masing wanda panakawan memiliki bentuk dan fungsi tersendiri dalam pakeliran. Kedua yaitu tanda dan makna pada wanda panakawan. Analisis tanda pada penelitian ini menghasilkan makna denotasi, konotasi, mitos, dan makna wanda panakawan secara utuh. Hasil analisis tanda dan makna juga menghasilkan nilai pendidikan karakter dari masing-masing wanda panakawan. Ketiga yaitu relevansi wanda panakawan sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Jawa untuk siswa SMA. Relevansi bahan ajar tersebut berdasarkan kurikulum yang berlaku. Relevansi sebagai bahan ajar juga berdasarkan nilai-nilai pendidikan karakter pada wanda wayang kulit tokoh panakawan.

Kata Kunci : wanda, wayang kulit, panakawan, bahan ajar, pendidikan karakter

×
Penulis Utama : Ahmad Pramudiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441602001
Tahun : 2019
Judul : Makna Filosofis pada Wanda Wayang Kulit Tokoh Panakawan Gagrak Surakarta dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah-S441602001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Supana, M.Hum.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.