Penulis Utama : Ahmad Zulfahmi Muwafiq
NIM / NIP : S111408016
×

Abstrak

Bersamaan dengan besarnya penggunaan Facebook, kekerasan verbal ikut muncul dalam interaksi antar penggunanya, terutama terkait dengan isu  yang dinilai kontroversial. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bentuk dan makna kekerasan verbal yang dilakukan oleh para pengguna Facebook di dalam komentar menanggapi pemberitaan mengenai Tragedi Paris.

Data lingual berupa ujaran  yang mengandung kekerasan verbal diambil dari komentar para pengguna dalam menanggapi pemberitaan perihal tragedi Paris yang dikirim oleh sejumlah portal berita berbahasa Indonesia melalui layanan laman penggemar (fans pages). Diambil sejumlah komentar yang terdapat pada laman penggemar empat portal berita Indonesia terpilih, yakni Detik.com, Kompas.com, Liputan6.com dan Tribunnews.com. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dengan melibatkan kerangka analisis wacana pendekatan historis.

Hasilnya menunjukkan bahwa para pengguna Facebook mengungkapkan kekerasan verbal berbentuk kata, frasa, klausa, kalimat dan wacana melalui pilihan strategi referensial, predikasional dan argumentasi. Ditunjukkan pula makna-makna yang meliputi (1) pelaku perilaku buruk, (2) pelaku tindakan jahat, (3) keadaan buruk, (4) identitas sosial, (5) pengasingan dari identitas sosial, (6) kekurangan mental, (7) tindakan jahat, (8) perilaku buruk, (9) kekurangan fisik, (10) karakter jahat, (11) sikap buruk, dan (12) ancaman. Kekerasan verbal mencerminkan irasionalitas karena memuat serangan terhadap pribadi lawan bicara daripada upaya untuk membangun argumentasi secara utuh.

Kata Kunci : Kekerasan verbal, analisis wacana pendekatan historis, komentar Facebook, portal berita

×
Penulis Utama : Ahmad Zulfahmi Muwafiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S111408016
Tahun : 2019
Judul : Kekerasan Verbal dalam Komentar para Pengguna Facebook pada Pemberitaan mengenai Tragedi Paris
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Linguistik (Deskriptif)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Linguistik-S111408016-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.
2. Dra. Diah Kristina, M.A., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.