Penulis Utama : Setiowati Dwi Pratiwi
NIM / NIP : K4212062
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Bentuk kesalahan berbahasa dalam menulis surat undangan berbahasa Jawa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Surakarta, (2) Faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa dalam menulis surat undangan berbahasa Jawa pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 18 Surakarta, dan (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan berbahasa dalam menulis surat undangan berbahasa Jawa pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 18 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari karangan surat undangan berbahasa Jawa karya siswa dan narasumber (informan) yang terdiri dari guru Bahasa Jawa serta siswa kelas VIII C SMP Negeri 18 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, analisis dokumen dan wawancara. Validiatas yang digunakan yaitu triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisi data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang meliputi tiga komponen yakni: pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut, Pertama kesalahan berbahasa Jawa yang sering terjadi pada surat undangan karya siswa dibagi menjadi 3 aspek, yaitu kesalahan pada tataran ejaan yang terbagi menjadi tiga. Frekuensi kesalahan pada tataran huruf abjad pada karya siswa kelas VIII C sebesar 9,8%, kesalahan pada huruf kapital sebesar 40,7%,dan kesalahan pada tanda baca adalah sebesar 49,5%. kedua, kesalahan berbahasa yang sering terjadi dalam surat undangan karya siswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:rendahnya minatsiswa, penguasaan kaidah bahasa Jawa yang dikuasai oleh siswa,motivasibelajar yang kurang,  fasilitas dari sekolah yang kurang, kurangnya latihan menulis berbahasa Jawa, serta lingkungan yang kurang mendukung. Ketiga, upaya yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk mengurangi kesalahan berbahasa dalam surat undangan berbahasa Jawa karya siswa diantaranya: memberi contoh yang jelas kepada siswa, meningkatkan penggunaan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari, penambahan koleksi buku berbahasa Jawa di perpustakan sekolah, dan memperbanyak latihan menulis.

Kata Kunci : Analisis Kesalahan Berbahasa,Menulis, Surat Undangan,Bahasa Jawa

×
Penulis Utama : Setiowati Dwi Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212062
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Menulis Surat Undangan Berbahasa Jawa pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 18 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4212062-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastuti, S.S., M.Pd.
2. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.