Penulis Utama : Tri Dewi Rohani
NIM / NIP : K4215061
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur struktural naskah drama Ora Isa Mati karya Andy Sri Wahyudi; (2) mendeskripsikan tanggapan pembaca dalam naskah drama Ora Isa Mati Karya Andy Sri Wahyudi; (3) mendeskripsikan relevansi naskah drama Ora Isa Mati karya Andy Sri Wahyudi sebagai materi ajar bahasa Jawa di SMA kelas XI.
    Tempat dan waktu penelitian dilakukan di lapangan dan SMA N Kebakkramat Karanganyar dengan rentang waktu enam bulan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah analisis dokumen dan wawancara. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen yaitu naskah drama Ora Isa Mati  karya Andy Sri Wahyudi dan transkip wawancara. Sumber data diperoleh dari informan yang terdiri dari pembaca naskah drama Ora Isa Mati  karya Andy Sri Wahyudi yaitu pembaca biasa, pembaca ideal, guru mata pelajaran bahasa Jawa, dan siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber.
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan naskah drama Ora Isa Mati karya Andy Sri Wahyudi terdapat enam unsur intrinsik diantaranya yaitu tema, penokohan dan perwatakan, plot atau alur, setting, dialog dan amanat. Tanggapan dari pembaca biasa mayoritas belum pernah membaca naskah drama Jawa. Semua pembaca ideal sudah pernah membaca naskah drama Jawa. Naskah drama Ora Isa Mati karya Andy Sri Wahyudi relevan dan sesuai dengan pembelajaran bahasa Jawa kelas XI semester genap pada kompetensi dasar mengidentifikasi pokok-pokok isi; menganalisis pemilihan kata; menyimpukan nilai-nilai yang terkandung di dalam; dan mengevaluasi relevansi pitutur luhur dengan kondisi masyarakat saat ini teks eksposisi tentang seni pertunjukan Jawa lisan atau tulisan.
 
Kata Kunci : drama, resepsi sastra, materi ajar

×
Penulis Utama : Tri Dewi Rohani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215061
Tahun : 2019
Judul : Analisis Resepsi Sastra dalam Naskah Drama Ora Isa Mati Karya Andy Sri Wahyudi serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa di SMA Kelas XI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4215061-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Rahmat, S.S., M. A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.