Penulis Utama : Baiq Holisatul Ismiana
NIM / NIP : S021702007
×

Latar Belakang : Kesehatan merupakan bagian dalam pembangunan ekonomi dan sosial bernegara. Penerapan sistem jaminan sosial nasional BPJS Kesehatan di Indonesia merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan pembiayaan kesehatan seluruh warga negara dan mencegah catastrophic health expenditures. Rumah Sakit sebagai pemberi layanan kesehatan lanjutan sekunder atau tersier kerap mengalami kerugian karena sistem pembayaran dari BPJS Kesehatan menggunakan metode case based payment atau INA-CBGs. Penelitian ini bertujuan meneliti faktor – faktor yang mempengaruhi selisih tarif antara tarif INA-CBGs dan tarif riil RS pada kasus persalinan.
Subjek dan Metode : Jenis penelitian ini adalah analytic observational dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Kota Mataram dan RSI Siti Hajar Mataram, NTB, pada bulan Mei 2019. Sebanyak 200 subjek penelitian dipilih secara stratified random sampling. Variabel dependen adalah selisih tarif INA-CBGs dan tarif riil RS. Variabel independen adalah jenis RS, kelas perawatan, jenis persalinan, lama perawatan, dan tingkat keparahan. Data dikumpulkan dari data sekunder dan dianalisis dengan regresi linear ganda menggunakan Stata 13.
Hasil :  Selisih  tarif  INA-CBGs  dan  tarif  riil  RS  kasus  persalinan  meningkat dipengaruhi oleh kelas perawatan III (b = -390,725; CI (95%) = -790,082 hingga 8,631; p = 0.055), jenis persalinan sectio caesaria (b = -1,429,648; CI (95%) = - 1,811,275 hingga -1,048,022; p<0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Selisih tarif antara tarif INA-CBGs dan tarif riil RS pada kasus persalinan akan meningkat jika melayani kelas perawatan III, jenis persalinan sectio caesaria, hari perawatan makin lama, dan tingkat keparahan sedang maupun berat. Dan selisih tarif antara tarif INA-CBGs dan tarif riil RS pada kasus persalinan akan menurun pada pelayanan di RS swasta dan melayani kelas perawatan II.

Kata Kunci : Tarif INA-CBGs, tarif riil RS, biaya persalinan

×
Penulis Utama : Baiq Holisatul Ismiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021702007
Tahun : 2019
Judul : Determinan Perbedaan Tarif Riil dan INA-CBGS Kasus Persalinan di Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta Mitra BPJS Kesehatan di Kota Mataram, NTB
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021702007-2019
Kata Kunci : Tarif INA-CBGs, tarif riil RS, biaya persalinan
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Didik G. Tamtomo,dr.,PAK,MM,M.Kes,Sp.DLP.
2. Prof. Dr. H. Endang Sutisna, dr.,M.Kes.,FISPH.,FISCM.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.