Penulis Utama : Agusta Christin Adela
NIM / NIP : G0015011
×

Abstrak

Latar Belakang: Kejadian ISPA di Indonesia masih merupakan penyebab tersering morbiditas dan mortalitas pada anak. Berdasarkan data epidemiologi penyakit THT di tujuh provinsi di Indonesia, prevalensi penyakit tonsilitis kronik 3,8% tertinggi kedua setelah nasofaringitis akut 4,6%. Anak yang menderita tonsilitis kronik dapat mengalami penurunan kualitas hidup akibat gangguan fisiologis dan psikologis yang muncul. Penurunan kualitas hidup pada anak dapat terlihat dari penurunan prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tonsilitis kronik hipertrofi dengan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar negeri Begalon 2 Surakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan studi penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 4 dan 5 SDN Begalon 2 Surakarta. Penelitian dengan jumlah sampel 38 siswa kelas 4 dan 5 SDN Begalon 2 Surakarta yang sudah memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner gejala tonsilitis untuk mengetahui ada tidaknya gangguan fisiologis dan pemeriksaan THT untuk keadaan tenggorok, telinga maupun hidung. Data dianalisis secara statistik dengan bantuan SPSS menggunakan Uji Chi-Square dan Koefisien Kontingensi.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan distribusi sampel berdasarkan usia dan jenis kelamin yang terbanyak berturut-turut yaitu 11 tahun 52,6% dan perempuan 55,3%.  Sebanyak  68,4%  memiliki tonsilitis kronik hipertrofi dan 31,6% non tonsilitis kronik hipertrofi. Terdapat  hubungan antara tonsilitis kronik hipertrofi dengan prestasi seluruh mata pelajaran belajar pada siswa sekolah dasar negeri Begalon 2 Surakarta dengan uji analisis Chi-square. ( p= 0,001; CI= 0,007-0,257; C= 0,575)
Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara tonsilitis kronik hipertrofi dengan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar negeri Begalon 2 Surakarta.
    
Kata Kunci : tonsilitis kronik hipertrofi, prestasi belajar

×
Penulis Utama : Agusta Christin Adela
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015011
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Tonsilitis Kronik Hipertrofi dengan Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Begalon 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Pendidikan Dokter-G0015011-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dewi Pratiwi dr., Sp.TE-IT-KL., M.Kes.
2. Siti Utari, Dra., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.