Penulis Utama : Afifah Naufalia Rahmadheanti
NIM / NIP : K3313002
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  kerja  sama  dan  prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) menggunakan media modul pada materi hidrolisis garam.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017.Data diperoleh dari observasi, angket, tes dan wawancara.Untuk validitas penelitian menggunakan triangulasi data.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) menggunakan media modul pada materi Hidrolisis dapat meningkatkan kerja sama dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari penelitian menunjukkan bahwa capaian persentase kerja sama siswa sebesar 86% pada siklus I dan 94% pada siklus  II. Persentase capaian aspek afektif siswa pada siklus I sebesar 89% dan pada siklus II sebesar 92%.Aspek
kognitif siswa siklus I sebesar 53%, pada siklus II sebesar 78%, serta prestasi belajar pada aspek psikomotor sebesar 87%.

 

×
Penulis Utama : Afifah Naufalia Rahmadheanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313002
Tahun : 2017
Judul : Upaya Peningkatan Kerja Sama Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 Pada Materi Hidrolisis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TAI (Teams Assisted Individualization) Menggunakan Media Modul DI SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP- Prodi Pendidikan Kimia-K3313002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Bakti Mulyani, M.Si.,
2. Dr. Suryadi Budi Utomo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.