Penulis Utama : Evi Septi Rochana
NIM / NIP : K4215027
×

ABSTRAK

Pembelajaran materi pawarta sesuai dengan kurikulum 2013 menuntun siswa untuk mempelajari berita yang aktual. Berita berbahasa Jawa di YouTube channel Jogja TV dapat dijadikan alternatif pembelajaran pawarta, karena beritanya yang actual serta terdapat peristiwa campur kode didalamnya yang dapat memudahkan siswa untuk memahami pokok-pokok berita. Penelitian ini penting untuk dikaji karena peristiwa campur kode yang terjadi pada berita memberikan dampak positif bagi para penyimak berita. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud campur kode pada berita berbahasa Jawa di YouTube channel Jogja TV, fungsi campur kode pada berita berbahasa Jawa di YouTube channel Jogja TV, dan relevansi dengan pembelajaran pawarta di kelas VIII SMP.  
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah wujud campur kode pada berita berbahasa Jawa di YouTube channel Jogja TV. Sumber data pada penelitian ini adalah berita berbahasa Jawa di YouTube channel Jogja TV yang dipublikasikan pada bulan Mei 2018 hingga bulan April 2019 dan hasil wawancara dengan informan antara lain siswa SMP kelas VIII, guru bahasa Jawa, dan ahli bahasa. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi data (sumber) dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian campur kode pada berita berbahasa Jawa di YouTube channel Jogja TV dikelompokkan menjadi sebagai berikut. Pertama, hasil analisis mengenai wujud campur kode pada berita berbahasa Jawa di YouTube channel Jogja TV yang ditemukan berupa campur kode berwujud kata, frasa, dan baster. Kedua, hasil penelitian mengenai fungsi campur kode pada berita berbahasa Jawa di YouTube channel Jogja TV dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu memudahkan penyampaian, pengungkapan istilah dalam bidang lain, dan mendekatkan bahasa Jawa dengan masyarakat. Ketiga, hasil dari penelitian ini dapat direlevansikan dengan pembelajaran pawarta pada kompetensi dasar menelaah teks berita kelas VIII SMP Kurikulum 2013.

Kata kunci: campur kode, pawarta, materi ajar, YouTube

 

×
Penulis Utama : Evi Septi Rochana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215027
Tahun : 2019
Judul : Analisis campur kode pada berita berbahasa Jawa di youtube channel Jogja TV serta relevansinya sebagai materi ajar Pawarta kelas VIII SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4215027-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.,
2. Rahmat, S.S., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.