Penulis Utama : Fajar Avani
NIM / NIP : K1514031
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui kondisi ketersediaan tenaga erja bidang bangunan di Kabupaten Karanganyar, (2) Mengetahui kondisi kebutuhan tenaga kerja bidang bangunan di Kabupaten Karanganyar, (3) Mengetahui kesesuaian kualifikasi dan kompetensi antara ketersediaan dan kebutuhan tenaga kerja bidang bangunan di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan dokumen dan wawancara, analisis data menggunakan model analisis data interaktif dengan melalui 3 tahap, (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) kesimpulan/ verifikasi. Data diperoleh dari Dinas Tenaga Kerja dan Asosiasi Kontraktor di Karanganyar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ketersediaan tenaga kerja bidang bangunan kabupaten Karanganyar pada tahun 2018 dari SMK dan Dinas Tenaga Kerja sebanyak 111 orang, keterampilan yang tersedia adalah pertukangan dan Teknik Gambar Bangunan. (2) Kebutuhan tenaga kerja bidang bangunan kabupaten Karanganyar pada tahun 2018 untuk satu proyek sebanyak 106 orang.
Kompetensi kerja yang dibutuhkan adalah tenaga ahli, tenaga terampil, dan tenaga kasar. (3) Kesesuaian antara skill dengan bidang pekerjaan bangunan sudah sesuai, namun ada ketidaksesuain dengan pendidikannya, hal tersebut dapat diminimalisir dengan sertifikasi tenaga kerja. Keterserapan untuk lulusan SMK Teknik Bangunan belum optimal, dari segi ketersediaan yang ada, jumlah permintaan masih minim, namun dari segi kebutuhan di lapangan mengalami kesulitan menemukan lulusan SMK Teknik Bangunan.
Kata Kunci : Supply, Demand, Tenaga Kerja, Bidang Bangunan.

 

×
Penulis Utama : Fajar Avani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514031
Tahun : 2019
Judul : Analisis supply and demand tenaga kerja bidang bangunan kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan-K1514031-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. A. G. Tamrin, M. Pd., M. Si.,
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.