Penulis Utama : Helmi Achmad Fauzi
NIM / NIP : K1514036
×

ABSTRAK

Tujuan pengembangan media pembelajaran E-vocational mata kuliah Program CAD 2D pada materi potongan denah rumah tinggal adalah (1) Mengembangkan E-Vocational berbasis video tutorial sebagai sarana pembelajaran Mata Kuliah Program CAD 2D menjadi lebih baik. (2) Mengetahui tingkat kelayakan E-Vocational berbasis video tutorial Mata Kuliah Program CAD 2D pada materi potongan denah rumah tinggal. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan melakukan pengembangkan pada media pembelajaran E-vocational. Adapun tahap pengembangan pada media pembelajaran ini (1) Tahap Studi Pendahuluan: Studi literatur dan studi lapangan. (2) Tahap pengembangan media: penyusunan desain model E-vocatinal, validasi tim ahli, uji kelayakan pada kelompok kecil dan kelompok besar. (3) Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari proses pengembangan terkait model final media pembelajaran E-Vocational.
Hasil penelitian sebagai berikut, (1) Pengembangan E-vocational sebagai media pembelajaran berupa penggabungan beberapa teks, gambar, dan video menjadi satu kesatuan kerja yang menghasilkan suatu informasi dengan materi yang telah disesuaikan dengan RPS Mata Kuliah Progam CAD 2D dengan materi menggambar potongan denah rumah tinggal. (2) Uji validasi dari ahli materi sebesar 95%, termasuk sangat layak. Uji validasi dari ahli media sebesar 85% termasuk sangat layak. Uji validasi dari ahli pembelajaran sebesar 96% termasuk sangat layak. Uji mahasiswa skala kecil sebesar 82,50% termasuk sangat layak. Uji mahasiswa skala besar sebesar 77,71% termasuk layak.
Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Program CAD 2D, E-vocational

 

×
Penulis Utama : Helmi Achmad Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514036
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan media pembelajaran e-vocational mata kuliah program cad 2D pada materi potongan denah rumah tinggal
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan-K1514036-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ida Nugroho Saputro, ST, M.Eng.
2. Sukatiman ST., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.