Penulis Utama : Muhammad Syarifuddin Rabbani
NIM / NIP : K3514030
×

ABSTRAK

Proses belajar mengajar mata pelajaran sistem operasi di SMK Negeri 1 Sawit ditemukan permasalahan yaitu kurangnya minat serta prestasi belajar siswa. Hal ini disebabkan karena (1) sarana komputer yang terbatas, (2) spesifikasi komputer yang masih kurang. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, untuk mengatasinya, menggunakan alternatif media pembelajaran dengan menggunakan Raspberry Pi.
Raspberry Pi merupakan perangkat keras dengan bentuk berukuran sebesar kartu kredit yang memiliki harga relatif murah dan dikembangkan di inggris. Tujuan menggunakan Raspberry Pi adalah untuk menambah daya tarik siswa  terhadap mata pelajaran sitem operasi sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan dua perbandingan media pembelajaran yaitu mesin virtual dan Raspberry Pi. Berdasarkan hasil dari pengujian dapat disimpulkan bahwa (1) prestasi belajar siswa pengguna Raspberry Pi lebih besar peningkatannya dibandingkan dengan pengguna mesin virtual, (2) pengguna raspberry  pi mendapatkan rata-rata nilai 74,15 dan pengguna mesin virtual mendapatkan rata-rata nilai 70,89. Untuk minat dalam proses belajar mengajar menurut angket yang diperoleh mendapat rata-rata 84 pada bagian tujuan minat, 82 pada bidang penggunaan alat dan 83 pada bagian manfaat penggunaan.

Keywords: Mesin Virtual, Prestasi Belajar, Raspberry Pi, Sistem Operasi.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Syarifuddin Rabbani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3514030
Tahun : 2018
Judul : Efektifitas penggunaan komputer mikro raspberry pi sebagai media pembelajaran sistem operasi ditinjau dari minat dan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Sawit Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3514030-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puspanda Hatta, S.Kom., M.Eng.,
2. Dr. Agus Efendi, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.