Penulis Utama : Nur Ngafiati
NIM / NIP : K4215046
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1)unsur struktural sandiwara radio Syeh Maulana Malik Ibrahim, (2)aspek religiusitas sandiwara radio Syeh Maulana Malik Ibrahim , (3)nilai moral pada sandiwara radio Syeh Maulana Malik Ibrahim, (4)relevansi sandiwara radio Syeh Maulana Malik Ibrahim dengan materi ajar di Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang dilakukan adalah analisis isi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur, aspek religiusitas, nilai moral pada sandiwara radio Syeh Maulana Malik Ibrahim serta relevansinya dengan materi ajar di Sekolah Menengah Pertama. Sumber data yang digunakan berupa dokumen yang merupakan traskripsi dari sandiwara radio Syeh Maulana Malik Ibrahim dan informan yang meliputi guru bahasa Jawa, siswa kelas IX SMP, keluarga penulis naskah, dan tim produksi sandiwara di Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta. Pengambilan subjek penelitian berdasarkan pertimbangan tertentu sehingga teknik pengambilan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara mendalam, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif.
    Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada sandiwara radio Syeh Maulana Malik Ibrahim, naskah tersebut memiliki (1)unsur struktural yang lengkap meliputi tema, penokohan dan perwatakan, plot atau alur, setting atau latar, amanat, serta petunjuk teknis yang bersifat timbal balik, saling menentukan, saling mempengaruhi, yang secara bersama membentuk satu kesatuan yang utuh. (2)aspek religiusitas yang terkandung meliputi dimensi keyakinan, peribadatan, penghayatan, dan pengalaman yang lebih mendominasi dalam cerita tersebut (3)nilai moral yang terdapat pada sandiwara tersebut diantaranya adalah hubungan manusia dengan diri sendiri, orang lain, lingkungan, maupun dengan Tuhan yang lebih mendominasi cerita dalam sandiwara tersebut juga meliputi tolong menolong, kekeluargaan, kasih sayang, dan ketaatan, dan (4)Sandiwara radio Syeh Maulana Malik Ibrahim yang telah dipilih dan dianalisis sesuai dan relevan digunakan sebagai referensi materi ajar sandiwara di SMPN 1 Wonosobo.
    Kata kunci : sandiwara radio, naskah sandiwara radio Syeh Maulana Malik Ibrahim, religiusitas, nilai moral, materi ajar

 

×
Penulis Utama : Nur Ngafiati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215046
Tahun : 2019
Judul : Aspek religiusitas dan nilai moral sandiwara radio berbahasa Jawa Syeh Maulana Malik Ibrahim Karya Kusumo Danang Joyo serta relevansi sebagai materi ajar di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4215046-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Suryanto, M.Pd
2. Favorita Kurwidaria, S.S, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.