Penulis Utama : Rima Nurhayati
NIM / NIP : K4215052
×

ABSTRAK

Cerita dan tokoh yang ada di dalam cerita rakyat memang sangat menarik untuk digali atau didengarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat lebih dalam mengenai beberapa hal yakni: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan wujud narasi cerita rakyat Calon Arang di desa Sukorejo kecamatan Gurah kabupaten Kediri, (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan Nilai Moral yang terkandung dalam cerita rakyat Calon Arang, (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi cerita rakyat Calon Arang terhadap materi ajar apresiasi sastra Jawa siswa di SMP.
Terdapat 3 sumber data penting yang bisa dijadikan sasaran informasi dalam penelitian ini. Sumber tersebut meliputi: (1) informan, (2) dokumen atau arsip, serta (3) peninggalan budaya. Data dalam penelitian ini berwujud wacana cerita dan hasil wawancara mendalam. Penelitian yang dilakukan untuk mengkaji cerita rakyat ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif etnografis di mana menggali suatu kebudayaan pada daerah tertentu sesuai fakta atau keadaan sesungguhnya di lapangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pada teknik purposive sampling diharapkan peneliti tidak sembarangan untuk memilih informan, namun peneliti benar-benar paham dan dianggap yang paling tahu terhadap cerita rakyat ini. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara (in-dept interview) dalam pengumpulan data. Cara untuk meningkatkan sebuah kebenaran data yang kita miliki yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi dan review informan. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa model analisis interaktif (interactive model of analysis), meliputi tiga komponen yaitu: reduksi data (reduction), sajian data (display), dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan data.
Hasil dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa cerita rakyat Calon Arang mengandung: (1) wujud narasai cerita rakyat Calon Arang berupa rangkuman dari keseluruhan cerita yang diperoleh beserta dampak dari adanya cerita tersebut; (2) terdapat nilai pendidikan moral dalam cerita rakyat Calon Arang dilihat dari aspek diri sendiri; orang lain; dan Tuhan; (3) Selanjutnya, materi ajar dalam pembelajaran apresiasi teks cerita rakyat di SMP yang relevan berupa nilai moral, bahasa yang mudah dipahami, dan cerita yang bermanfaat untuk siswa dari segi akademis mauapun non akademis.
Kata Kunci: etnografi, nilai pendidikan moral, cerita rakyat Calon Arang, materi pembelajaran di SMP

 

×
Penulis Utama : Rima Nurhayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215052
Tahun : 2019
Judul : Kajian etnografi dan nilai moral dalam cerita rakyat Calon Arang di Kabupaten Kediri serta relevansinya sebagai materi ajar apresiasi sastra jawa di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4215052-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edy Suryanto, M.Pd.,
2. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.