Penulis Utama : Sekar Ayu Andansari Setianto
NIM / NIP : K4212061
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah: (1)Untuk mengetahui  penggunaan unsur gaya bunyi dalam serat Wedhatama pupuh Pocung. (2) Untuk mengetahui penggunaan unsur gaya kata dalam serat Wedhatama pupuh Pocung. (3) Untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa citraan dalam serat Wedhatama pupuh Pocung. (4) Untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa pemajasan dalam serat Wedhatama pupuh Pocung. (5) Untuk mengetahui unsur-unsur nilai pendidikan yang terkandung dalam serat Wedhatama pupuh Pocung. (6) Untuk mengetahui relevansi analisis gaya bahasa serta nilai pendidikan dalam serat Wedhatama pupuh Pocung karyaMangkunegara IV dengan materi ajar mata pelajaran bahasa Jawa tingkat SMA kelas XI.
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah narasumber dan dokumen. Teknik pengumpulan data dan penyusunan data melalui wawancara dan analisis dokumen. Penelitian ini menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode untuk mendapatkan data yang valid. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu : (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) sajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini mengikuti langkah – langkah : (1) persiapan (pra penelitian) (2) pengumpulan data sesuai dengan sistem yang telah direncanakan (3) analisis dokumen  (4) penyusunan laporan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan : (1) Temuan data berupa gaya bunyi meliputi (a) asonansi, (b) aliterasi, (c) puwakanthi basa, (d) pararima, (e) konsonansi, dan (f) rima. (2) Temuan data berupa gaya kata meliputi (a) tembung rangkep, (b) tembung entar, (c) tembung garba, (d) dasanama, dan (e) afiksasi arkhais (3) Temuan data berupa gaya baasa citraan meliputi citraan (a) penglihatan, (b) citraan pendengaran, dan (c) citraan gerak (4) Temuan data berupa pemanfaatan gaya bahasa pemajasan berupa (a) simile, (b) metafora, (c) personifikasi, (d) hiperbola, (e) sarkasme, (f) ironi, (g) metonimi, dan (h) sinekdoke. (5) Temuan data berupa nilai pendidikan berupa (a) nilai agama, (b) nilai moral, (c) nilai sosial, serta (d) nilai budaya. (6) Temuan data peneliti relevan dengan materi ajar pembelajaran bahasa Jawa, karena hasil analisa dapat memperkaya perbendaharaan kata pada siswa.
Kata Kunci : Stilistka, serat Wedhatama pupuh Pocung.

 

×
Penulis Utama : Sekar Ayu Andansari Setianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212061
Tahun : 2019
Judul : Analisis gaya bahasa dan nilai pendidikan dalam serat Wedhatama Pupuh Pocung karya Mangkunegara IV serta relevansinya sebagai materi ajar mata Pelajaran Bahasa Jawa tingkat SMA kelas XI (suatu kajian stilistika)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4212061-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.Pd, M.Hum,
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hu.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.