Penulis Utama : Yuvensia Kharisma Novena
NIM / NIP : K1215053
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) Citra Perempuan dalam kumpulan Puisi Ibu Mendulang Anak Berlari; (2) Gaya Bahasa dalam kumpulan Puisi Ibu Mendulang Anak Berlari; (3) Relevansi Kumpulan Puisi Ibu Mendulang Anak Berari sebagai Materi Pembelajaran Puisi di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif dengan 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan simpulan data. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi dengan menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) kumpulan puisi Ibu Mendulang Anak Berlari memiliki citra perempuan yang terdiri dari citra fisik, citra psiksi, dan citra sosial; (2) Terdapat gaya bahasa yang bervariatif dalam kumpulan puisi Ibu Mendulang Anak Berlari; (3) Terdapat relevansi kumpulan puisi Ibu Mendulang Anak Berlari sebagai materi pembelajaran puisi di SMA.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) pada kumpulan puisi Ibu Mendulang Anak Berlari terdapat citra 3 perempuan yaitu (a) citra fisik yang merupakan ciri fisik perempuan berupa ciri biologis (b) citra psikis yang melibatkan unsur psikologis dari kaum perempuan, dan (c) citra sosial yaitu bagaimana seorang perempuan terlihat dalam kehidupan bermasyarakat; (2) Gaya bahasa yang banyak digunakan dalam kumpulan puisi Ibu Mendulang Anak Berlari adalah perulangan; (3) Kumpulan puisi Ibu Mendulang Anak Berlari dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran puisi di Sekolah Menengah Atas, khususnya KD 3.16 (Mengidentifikasikan suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca); KD 3.17 (Menganalisis unsur pembangun puisi)
Kata Kunci: Puisi, Citra Perempuan, Gaya Bahasa

 

×
Penulis Utama : Yuvensia Kharisma Novena
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215053
Tahun : 2019
Judul : Citra perempuan dan gaya bahasa dalam kumpulan puisi Ibu Mendulang Anak Berlari karya Cyntha Hariadi serta relevansinya sebagai materi pembelajaran puisi di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-K1215053-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.,
2. Drs. Edy Suryanto, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.