Penulis Utama : Anggar Wijayati
NIM / NIP : E0014029
×

ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengetahui pekerja memperoleh perlindungan hukum dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu di Lorin Solo Hotel yaitu jenis pekerjaan yang diikat dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dan Perlindungan dalam pemenuhan hak-hak pekerja di Lorin Solo Hotel. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu banyak digunakan oleh pengusaha atau perusahaan karena dianggap sangat efisien dalam menjalankan operasional perusahaan dan dapat meminimalis pengeluaran perusahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum aying ve yang bersifat preskriptif, menemukan hukum in concreto ada tidaknya hukum bagi pekerja dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu di Lorin Solo Hotel. Jenis data yang digunakan yaitu bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan klarifikasi dan studi dokumen atau bahan pustaka. Teknik analisis data dengan metode deduksi data.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, dapat diambil simpulan bahwa Lorin Solo Hotel belum sepenuhnya menerapkan jenis pekerjaan yang disyaratkan untuk pekerjaan dalam perjanjian kerja waktu tertentu dan pemenuhan mengenai hak-hak pekerja telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mengenai cuti hamil bagi pekerja perempuan, waktu kerja, BPJS, upah, dan tunjangan hari raya telah mendapatkan perlindungan hukum. Peraturan perundang-undangan yang terkait yaitu Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP.100/MEN/VI/2004 tentang Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu.

Kata kunci: Perlindungan Hukum, Perjanjian Kerja, Pekerja PKWT.

 

×
Penulis Utama : Anggar Wijayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014029
Tahun : 2019
Judul : Perlindungan Hukum terhadap Pekerja dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu di Lorin Solo Hotel
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum-E0014029-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pius Triwahyudi, S.H., M.Si.,
2. Purwono Sungkowo Raharjo, S.H., M.H.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.