Penulis Utama : Michael
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112099
Tahun : 2016
Judul : Analisis Fatigue pada Surface Course dengan Pendekatan Dissipated Energy
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - F. Teknik, Prodi. Teknik Sipil - I0112099- 2016
Subyek : STRESS, STRAIN, DISSIPATED ENERGY, FATIGUE LIFE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

 

Abstrak. Suatu perkerasan merupakan infrastuktur yang sangat penting bagi moda transportasi, karena merupakan media bagi moda tersebut untuk melakukan pergerakan. Beban dari moda yang diterima perkerasan ini terjadi secara berulang- ulang dan bersifat dinamis, akibatnya lapis perkerasan akan mengalami kelelahan (fatigue) hingga rusak/retak. Kelelahan atau titik keruntuhan yang ditunjukkan dengan munculnya crack (crack initiation) dapat diidentifikasi dengan metode dissipated energy.

Penelitian ini menginvestigasi fatigue pada mix-design dengan menggunakan gradasi material runway Bandara Adi Soemarmo dan menggunakan aspal campuran Pen 60/70 dengan polimer EVA. Campuran aspal diuji dengan Indirect Tensile Fatigue Test (ITFT), dengan mode pembebanan stress-controlled. Stress level   yang digunakan  untuk pengujian  ITFT sebesar 500, 600 dan 700 kPa, dengan frekuensi pembebanan dan suhu pengujian, masing-masing adalah 10 Hz dan 20oC.

Dari hasil pengujian, didapatkan nilai strain pada setiap siklus pembebanan, yang akan digunakan untuk perhitungan dissipated energy (DE). Pada setiap pengujian, DE semakin meningkat seiring dengan kenaikan jumlah cycles karena kenaikan nilai  strain  pada  setiap  cycles.  Jumlah  DE  yang  dihasilkan  untuk  pengujian dengan stress 500, 600, 700 kPa masing-masing adalah 7122,8; 8614,3; 2654,9
J/m3. Sementara itu, failure point pada spesimen dengan stress level 500, 600 dan
700 kPa masing-masing terjadi pada 8171, 5161 dan 841 cycles. Dapat dilihat bahwa semakin lama suatu perkerasan runtuh atau semakin tinggi nilai fatigue life, maka semakin tinggi pula energi yang dihamburkan.

Kata kunci : Stress, Strain, Dissipated Energy, Fatigue Life.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi_10.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., PhD
2. Dr. F. Pungky Pramesti, S.T., M.T.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik