Penulis Utama : Farid Rahman
NIM / NIP : A121508065
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi indeks masa tubuh (IMT) terhadap reaktivitas tekanan darah serta besar kontribusinya; 2) Mengetahui kontribusi merokok terhadap reaktivitas tekanan darah serta berapa besar kontribusinya; 3) Mengetahui  kontribusi aktivitas fisik terhadap reaktivitas tekanan darah serta besar kontribusinya; 4) Mengetahui kontribusi indeks masa tubuh (IMT), merokok serta aktivitas fisik terhadap reaktivitas tekanan darah serta besar kontribusinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIKES Bina Putera Kota Banjar, jumlah sampel yang didapatkan berjumlah 60 responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel independent yaitu indeks masa tubuh, merokok dan aktivitas fisik dan satu variabel terikat yaitu reaktivitas tekanan darah. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi regresi dengan melakukan pengujian prasyarat uji normalitas dan linieritas. Penujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi masing-masing prediktor dan analisis regresi ganda serta korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks masa tubuh, merokok dan aktivitas fisik berhubungan baik secara parsial dan simultan membentuk persamaan regresi. Dimana setiap peningkatan indeks masa tubuh maka akan mengakibatkan peningkatan reaktivitas tekanan darah sebesar 53,1%, setiap peningkatan aktivitas fisik akan menurunkan reaktivitas tekanan darah sebesar 46,4%, setiap peningkatan merokok akan meningkatkan reaktivitas tekanan darah sebesar 15,9%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah indeks masa tubuh, merokok dan aktivitas fisik berhubungan dan memiliki sumbangan baiks ecara parsial maupun simultan terhadap reaktivitas tekanan darah

Kata kunci: Indeks masa tubuh, merokok, aktivitas fisik, reaktivitas tekanan darah.

 

×
Penulis Utama : Farid Rahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508065
Tahun : 2017
Judul : Kontribusi Indeks Masa Tubuh (IMT), Merokok dan Aktivitas Fisik terhadap Reaktivitas Tekanan Darah (Studi Korelasi pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Putera Kota Banjar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana, Prodi. Ilmu Keolahragaan - A121508065- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. Muchsin Doewes, PFark., SU., AIFO., MARS.
2. Dr. dr. Hj. Noer Rachma, SpKFR.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.