Penulis Utama : Buyung Haryo Pamungkas
NIM / NIP : D1416011
×

ABSTRAK

Program kuliah kerja media diselenggarakan oleh program studi komunikasi terapan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Program ini bersifat wajib bagi mahasiswa program diploma tiga semester terakhir, sebagai syarat untuk lulus dan mendapatkan gelar Ahli Madya (A. Md). Penulis berkesempatan untuk melaksanakan program kuliah kerja media atau magang di PT. Surabaya Media Televisi (SBO TV). Terletak di Gedung graha pena lantai 21, jl.  Ahmad  Yani  no.  88  Surabaya.  Penulis  melaksanakan  magang  selama  tiga bulan, yang terhitung mulai tanggal 1 Maret 2019 sampai dengan tanggal 31 Mei 2019.
Alasan penulis memilih SBO TV yaitu, SBO TV merupakan televisi lokal yang merupakan anak perusahaan dari Jawa Pos Grup yang sudah cukup besar. Televisi lokal memiliki pengaruh yang cukup besar bagi masyarakat suatu daerah. Sebab, informasi yang diterima dari daerah di sekitar mereka akan lebih cepat di dapat dibandingkan informasi dari televisi nasional. Meskipun televisi lokal, program yang dihasilkan oleh SBO TV dapat bersaing dengan televisi yang berskala nasional. Program yang dihasilkan oleh SBO TV sangat beragam dan mendapatkan respon positif dari masyarakat. Sehingga penulis merasa SBO TV sesuai untuk dijadikan tempat penulis menimba ilmu di media televisi.
Tugas asisten produser antara lain membantu reporter mempersiapkan paket berita, jika reporter berada dalam keadaan waktu yang mendesak atau reporter tidak sempat menyelesaikan paket beritanya karena harus melakukan tugasnya kembali. Dengan  kata lain, asisten produser akan mengambil alih tugas  yang reporter  tidak  dapat  mengerjakan  sendiri.  Jika  produser  menginginkan  suatu paket, harus diubah ke format yang lebih pendek seperti VO atau sebaliknya, maka tugas itu akan dilaksanakan oleh asisten produser. Morisan (2008 : 46)
Pada kegiatan KKM ini penulis sebagai asisten produser mendapatkan banyak pengalaman di tempat magang. Penulis dapat mengembangkan skill yang sebelumnya belum terasah dengan baik seperti, menjadi pemimpin, bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan, disiplin dalam manaati waktu, bekerja  sesuai  dengan  deadline,  hingga  menambah  relasi  dengan  orang-orang baru.

Kata kunci : Asisten Produser, SBO TV, Televisi Lokal

×
Penulis Utama : Buyung Haryo Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416011
Tahun : 2019
Judul : Peran Asisten Produser dalam Program Update Siang SBO TV
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. D III Penyiaran-D1416011-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Y., S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.