Penulis Utama : Cahya Esther P
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112021
Tahun : 2016
Judul : Penentuan Titik Keruntuhan pada Hasil Uji Fatigue Campuran Aspal Tertentu Menggunakan Metode Flow Number
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Teknik, Prodi. Teknik Sipil - I0112021-2016
Subyek : DATA UJI FATIGUE, FAILURE POINT, FLOW NUMBER
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Penentuan titik keruntuhan pada data uji fatigue campuran aspal dengan stress- controlled mode lebih sulit ditentukan namun memiliki beberapa versi metode. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan titik keruntuhan pada suatu campuran beraspal menggunakan metode Flow Number serta memutuskan model Flow Number yang aplikatif digunakan pada campuran yang diuji.

Uji  Marshall  digunakan  dalam  penelitian  ini  untuk  menentukan  OBC  dan campuran terbaik sebelum melakukan uji fatigue. Analisis data uji fatigue yang digunakan adalah   metode Flow Number, untuk mengetahui failure point. Sementara  itu  uji  Fatigue  dilakukan  dengan  Indirect  Tensile  Fatigue  Test.
Pengujian  fatigue  dilakukan  pada  suhu  20?C  dengan  frekuensi  sebesar  10Hz
menggunakan tiga variasi pembebanan sebesar 500 kPa, 600 kPa, dan 700 kPa.
Beberapa  pendekatan  ilmiah  metode  Flow  Number  antara  lain  FNest,  Three- Stages Model, Stepwise Method, dan Francken Model akan digunakan dalam penelitian ini.

Campuran aspal  yang terpilih untuk pengujian  fatigue adalah campuran aspal modifikasi EVA dengan OBC sebesar 6.5%. Hasil analisis FN campuran aspal modifikasi EVA berturut-turut pada pembebanan 500 kPa, 600 kPa, dan 700 kPa untuk masing-masing model adalah sebagai berikut, Three-Stages Model keruntuhan pada 6621, 4841, 611, Metode Fnest keruntuhan terjadi pada 4271,
3266, dan 537, Metode Francken runtuh pada 3401, 2431, 421, dan Metode Stepwise keruntuhan pada 6901, 6841, 1291. Keempat model pendekatan menunjukkan bahwa secara umum makin besar pembebanan, makin kecil FN yang dihasilkan. Sedangkan, hasil FN yang paling sesuai secara teoritis maupun grafis  dihasilkan  melalui  pendekatan  Three-Stages  Model  dan  Stepwise  yang jatuh di area yang mengalami kenaikan akumulatif strain cukup ekstrem setelah kenaikan yang relatif konstan.

Kata kunci : Data Uji Fatigue, Failure  Point, Flow Number

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi_9.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. F. Pungky Pramesti, S.T, M.T.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik