Penulis Utama : Putri Marta Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516078
Tahun : 2019
Judul : Sistem Informasi Pendaftaran Peserta JKN-KIS melalui Mobile JKN pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. D III Manajemen Administrasi-D1516078-2019
Subyek : JKN-KIS, BPJS KESEHATAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

BPJS  Kesehatan  adalah  badan  hukum  publik  yang  menyelenggarakan program jaminan kesehatan nasional. Program jaminan kesehatan ini diwujudkan dalam bentuk Kartu Indonesia Sehat. Kepesertaan program jaminan kesehatan nasional dilakukan dengan cara mendaftar. Pengamatan ini dilakukan sebagai bahan penulisan laporan Tugas Akhir yang dimaksudkan untuk mengetahui sistem informasi pendaftaran peserta JKN-KIS melalui Mobile JKN, khususnya peserta Bukan Penerima Bantuan Iuran dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Surakarta.
Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai sistem informasi pendaftaran peserta JKN-KIS melalui Mobile JKN dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Surakarta. Pengamatan dilakukan dengan metode observasi berperan dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan perekaman.
Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa sistem informasi pendaftaran peserta JKN-KIS melalui Mobile JKN terdapat dua macam yaitu pendaftaran peserta baru dan pendaftaran pengguna Mobile. Pendaftaran peserta baru melalui empat tahap yaitu proses pendaftaran dengan penginputan data, pembayaran iuran, pencetakan kartu peserta oleh staff administrasi kepesertaan, pencatatan kartu peserta dengan buku register dan pendistribusian kartu peserta melalui Kantor Pos. Pendaftaran pengguna   Mobile   dilakukan   dengan   cara   registrasi   dan   verifikasi   e-mail. Hambatan yang terjadi dalam penggunaan Mobile JKN seperti tidak stabilnya jaringan internet dan belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang Mobile JKN.

Kata Kunci : Sistem, Pendaftaran, Peserta JKN-KIS, Mobile JKN.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Wahyudi, S.Sos, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP