Penulis Utama : Herlambang Cahya Gumilar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112040
Tahun : 2019
Judul : Persepsi Masyarakat Kecamatan Gatak terhadap Kualitas Pelayanan Puskesmas Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D0112040-2019
Subyek : KUALITAS PELAYANAN, PUSKESMAS, PERSEPSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak
Kesehatan merupakan satu bentuk indikator kesejahteraan masyarakat. Upaya dari pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam hal ini adalah bidang kesehatan, pemerintah membangun unit pelayanan kesehatan masyarakat di setiap kecamatan yaitu pusat kesehatan masyarakat atau biasa disebut Puskemas (Septiana,2016). Dalam hal ini Puskesmas Kecamatan Gatak melakukan pelayanan kesehatan bertujuan secara langsung memberikan jaminan kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat kualitas pelayanan Puskesmas Kecamatan Gatak.
Dalam penelitian ini menggunakan aspek-aspek kualitas pelayanan teori Parasuraman (dalam Pasolong 2006 : 135) yang meliputi (1) Tangible (2) Empaty, (3) Reliability, (4) Responsive (5) Asurance. Untuk melengkapi penelitian ini, Yang kemudian ditambahkan lagi dengan satu variabel pendukung dari Osborn dan Plstarik yaitu customer complain system (dalam Pasolong 2006 : 140)
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan informan secara purposional, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Kecamatan Gatak (1) Tangible, terdapat kelebihan fasilitas dan prasarana yang mendukung proses pelayanan, namun juga ditemui kekurangan yang menghambat proses pelayanan. (2) reliability. kehandalan petugas dalam memberikan pelayanan sudah bisa dibilang baik. (3) Responsive, petugas Puskesmas gatak melayani secara tanggap dan tepat dalam memberikan pelayanan, namun ditemukan petugas yang kurang interaktif. (4) Empaty, ditemukan pelayanan petugas puskesmas yang kurang empati dengan pengunjung. (5) Asurance, petugas puskemas Kecamtan Gatak memberikan pelayanan sesuai dengan aturan yang berlaku, namun masih memakan waktu. (6) Customer complain system, penerapannya dapat berdampak positif terhadap kualitas pelayanan puskesmas, namun masih banyak yang belum memanfaatkan layanan customer complain system.

Kata kunci : kualitas pelayanan, Puskesmas,persepsi

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rino Ardhian Nugroho, S.Sos, M.T.I., Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP