Penulis Utama : Titik Wijayanti
NIM / NIP : K8115061
×

Abstrak

Tujuan penelitian dilaksanakan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui penerapan practical life activity pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Ngrawoh tahun ajaran 2018/2019. Hal tersebut didasari oleh kondisi awal yang menunjukkan bahwa kemandirian anak dalam mengurus diri sendiri khususnya kegiatan berpakaian masih sangat rendah. Anak terbiasa meminta bantuan guru sebelum berusaha menyelesaikan dengan kemampuan sendiri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan  pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdari dari empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Aisyiyah Ngrawoh tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 19 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan cara unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan practical life activity terjadi peningkatan kemandirian anak pada setiap siklusnya. Hasil akhir menunjukkan bahwa ketuntasan kemandirian anak secara klasikal yaitu 84,21%. Melalui penerapan practical life activity anak semakin percaya diri dan tekun untuk melakukan tugas dengan kemampuannya sendiri dibanding meminta bantuan dari orang lain. Kemandirian anak yang dapat meningkat yaitu dalam hal mengikat tali sepatu, mengancingkan dan melepas kancing baju, mengaitkan retsleting, memakai dan melepas baju serta celana. Kegiatan yang dilaksanakan secara langsung dan nyata oleh anak menjadikan kemandirian anak semakin terlatih dan meningkat. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui practical life activity dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok B1 TK Aisyiyah Ngrawoh tahun ajaran 2018/2019.  
Kata Kunci : Kemandirian anak, practical life activity, anak kelompok B

 

×
Penulis Utama : Titik Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115061
Tahun : 2019
Judul : Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Practical Life Activity pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Ngrawoh Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG PAUD-K8115061-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Munif Syamsuddin, S.PdI., M.A.
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.