Penulis Utama : Fadilla Nanda Kumala Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0112038
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Antara Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Afektif dengan Disiplin Kerja pada Guru SD (PNS) di Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Psikologi-G0112038-2016
Subyek : DISIPLIN KERJA, PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN KOMITMEN AFEKTIF
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Guru merupakan tolak ukur kemajuan tingkat pendidikan suatu bangsa karena menjadi teladan bagi siswa dalam berperilaku salah satunya perilaku disiplin. Guru hendaknya menerapkan disiplin kerja dalam menjalankan pekerjaannya. Disiplin kerja tidak terlepas dari persepsi gaya kepemimpinan transformasional dan komitmen afektif. Persepsi yang baik mengenai gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan kepala sekolah mendorong guru untuk taat aturan. Sedangkan komitmen afektif yang tinggi akan mempererat keterikatan emosional guru dengan sekolah untuk menghindari pelanggaran kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi gaya kepemimpinan transformasional dan komitmen afektif dengan disiplin kerja pada guru SD (PNS) di Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Dalam penelitian ini juga diungkap hubungan parsial persepsi gaya kepemimpinan transformasional dengan disiplin kerja serta komitmen afektif dengan disiplin kerja. 
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD (PNS) di Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun yaitu 214 guru di 32 sekolah yang telah ditentukan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan perhitungan dengan rumus Slovin, diperoleh sample penelitian untuk uji coba sebanyak 32 guru di 5 sekolah dan untuk penelitian sebanyak 75 guru 11 sekolah. Data penelitian dikumpulkan 3 alat ukur yaitu Skala Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Skala Komitmen Afektif dan Skala Disiplin Kerja. Metode yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah metode regresi linear berganda, dan untuk mengetahui hubungan antarvariabel dilakukan uji korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi gaya kepemimpinan transformasional dan komitmen afektif dengan disiplin kerja pada guru SD (PNS) di Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun (F hitung=35,762; p=0,000<0 rx1y=0,344; p=0,003 rx1y=0,556; p=0,000>

Kata Kunci: Disiplin Kerja, Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional, dan Komitmen Afektif.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
PERNYATAAN.pdf
cover.pdf
BAB _1.pdf
BAB _2.pdf
BAB _3.pdf
BAB _4.pdf
BAB _5.pdf
daftar pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Aditya Nanda Priyatama, S.Psi. M.Si.,
2. Selly Astriana, S.Psi., M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran