Penulis Utama : Harisyah Nasution
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512040
Tahun : 2016
Judul : Kaji Eksperimental Penggunaan Komposit Kampas Rem Serbuk Bonggol Jagung Pada Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - Surakarta - Fak. KIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2512040-2016
Subyek : KOMPOSIT, KAMPAS REM SERBUK BONGGOL JAGUNG, LAJU KEAUSAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat keausan kampas rem serbuk bonggol jagung apabila diaplikasikan langsung pada sepeda motor, (2) Membandingkan laju keausan kampas rem serbuk bonggol jagung terhadap kampas rem merk Indoparts, (3) Memperkirakan masa pakai kampas rem serbuk bonggol jagung apabila diaplikasikan langsung pada sepeda motor.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik analisis data berupa analisis deskriptif. Pengujian laju keausan kampas rem serbuk bonggol jagung dilakukan dengan pengujian uji jalan. Populasi dalam penelitian ini adalah komposit kampas rem dengan komposisi serbuk bonggol jagung, serbuk kuningan (Cu-Zn), magnesium oksida (MgO), dengan matriks penyusun resin epoxy. Sampel dalam penelitian ini adalah komposit kampas rem dengan komposisi bahan 30% serbuk bonggol jagung, 30% serbuk kuningan (Cu-Zn), 20% magnesium oksida (MgO) dengan matriks penyusun berupa 20% resin epoxy. Perbandingan campuran bahan kampas rem menggunakan perbandingan massa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kampas rem dengan komposisi bahan 30% serbuk bonggol jagung, 30% kuningan, 20% magnesium oksida, dan 20% resin epoxy memiliki laju keausan sebesar 0,00043 mm/km, (2) Laju keausan kampas rem dengan memanfaatkan limbah bonggol jagung  lebih rendah dari kampas rem pembanding merk Indoparts dengan nilai laju keausan sebesar 0,00049 mm/km, (3) Perkiraan masa pakai kampas rem serbuk bonggol jagung adalah 10.465 km dengan 104.650 kali pengereman. Hal ini menunjukkan bahwa perkiraan masa pakai kampas rem spesimen lebih panjang dari kampas rem pembanding merk Indoparts dengan perkiraan masa pakai 9.183 km dengan 91.830 kali pengereman.

Kata Kunci: komposit, kampas rem serbuk bonggol jagung, laju keausan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
PERNYATAAN.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto, M. T.,
2. Budi Harjanto, S. T., M. Eng.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP