Penulis Utama : Diana Devi Retna Puspita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212021
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Minat Dan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Berbahasa Jawa Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Media Audio Visual Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 1 Nganjuk
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4212021-2016
Subyek : CERITA RAKYAT ASAL-USULE REOG PONOROGO, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keterampilan menyimak cerita rakyat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media audio visual siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Nganjuk.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan selama dua siklus, yang diawali dengan tahap persiapan, kemudian dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Nganjuk yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes tertulis. Uji validitas pada penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media audio visual dapat meningkatkan minat dan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari persentase: (1) minat siswa terus meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat pada hasil penghitungan angket minat menyimak cerita rakyat pada pratindakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 51,40 dengan kategori C dan kriteria sedang yang kemudian meningkat menjadi 70,43 dengan kategori B dan kriteria tinggi pada hasil penghitungan angket pasca tindakan; (2) keterampilan menyimak cerita rakyat Asal-usule Reog Ponorogo mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dibuktikan pada ketuntasan klasikal sebesar 60% pada kegiatan pratindakan kemudian meningkat menjadi 74,29% pada siklus I serta mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 91,43%; (3) nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Hal tersebut terbukti nilai rata-rata pratindakan yang hanya 68,23, kemudian meningkat 74,89 pada siklus I dan kembali meningkat 82,23 pada siklus II. 
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media audio visual dapat meningkatkan minat dan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Nganjuk.

Kata kunci: cerita rakyat Asal-usule Reog Ponorogo, model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD).

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
PERNYATAAN.pdf
Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP