Penulis Utama : Aldino Risma Laga Yudha Tama
NIM / NIP : M0412005
×

ABSTRAK

 

            Kandidiasis Oral merupakan infeksi oportunistik yang ditemukan pada rongga mulut yang disebabkan oleh pertumbuhan yang tidak terkendali dari jamur terutama dari jenis Candida albicans. Pengobatan kandidiasis oral menggunakan obat sintetis bisa menimbulkan resistensi dan efek samping sehingga diperlukan pengobatan alternatif yang lebih aman. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas daya hambat ekstrak etanol 70% dan kloroform buah pare terhadap C. albicans serta menentukan nilai MIC (Minimum Inhibitory Concentration).

            Pembuatan ekstrak buah pare menggunakan metode maserasi. Pengujian daya hambat antijamur dengan metode difusi kertas cakram pada media PDA. Ekstrak buah pare yang diuji yaitu pada konsentrasi (500 mg/ml; 400 mg/ml; 300 mg/ml; 200 mg/ml. Penentuan nilai MIC dengan metode agar dilution. Data zona hambat dianalisis dengan One Way ANOVA dilanjutkan dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Nilai MIC dianalisis secara deskriptif.

            Penelitian menunjukkan ekstrak etanol 70% dan kloroform buah pare mampu menghambat pertumbuhan jamur C. albicans. Ekstrak etanol 70% pada konsentrasi 500 mg/ml mampu menghambat dengan adanya diameter zona hambat sebesar 8,63 mm sedangkan diameter zona hambat ekstrak kloroform pada konsentrasi 500 mg/ml sebesar 4,63 mm. Namun zona hambat yang dihasilkan ekstrak etanol 70% dan kloroform belum mampu melebihi zona hambat yang dihasilkan kontrol positif ketokonazol. Nilai MIC ekstrak etanol 70% dan kloroform yaitu 50 mg/ml dan 300 mg/ml.


Kata Kunci: KANDIDIASIS ORAL, Candida albicans, Buah Pare, daya hambat, MIC

 

 

×
Penulis Utama : Aldino Risma Laga Yudha Tama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0412005
Tahun : 2017
Judul : Aktivitas antijamur ekstrak etanol dan kloroform buah pare (momordica charantia linn.) Terhadap candida albicans secara in vitro
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2017
Program Studi : S-1 Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA, Jur. Biologi-M0412005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tjahjadi Purwoko, S.Si., M.Si.
2. Siti Lusi Arum Sari, M. Biotech
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.