Penulis Utama : Atin Chusniyah
NIM / NIP : K7112040
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan   model   quantum   learning   dengan   teknik   clustering   terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri se-Dabin II Sarang Kabupaten Rembang tahun 2015/2016.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif  eksperimental  dengan desain penelitian post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri se-dabin II Sarang Kabupaten Rembang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Teknik cluster random sampling digunakan untuk memilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Sendangmulyo I dan kelas kontrol adalah kelas V SD Negeri Sendangmulyo II. Teknik pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  tes.  Teknik  analisis  data  yang digunakan adalah dengan uji t.

Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model quantum learning teknik clustering terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri se-Dabin II Sarang Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dengan nilai rerata pada kelas eksperimen 76,608. Sedangkan rerata kelas kontrol 69,687. Selain itu, hasil perhitungan dengan uji t diperoleh harga statistik thitung  = 3,645 dengan daerah kritik DK = {t | t < -1,99 atau t > 1,99}, karena thitung  = 3,645 € DK maka Ho ditolak,  berarti  terdapat  pengaruh  penerapan  model  pembelajaran   quantum learning dengan teknik clustering terhadap kemampuan menulis puisi siswa.

×
Penulis Utama : Atin Chusniyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112040
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Model Quantum Learning Dengan Teknik Clustering Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas V SD Negeri Se-Dabin II Sarang Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7112040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Heribertus Soegiyanto, S.U
2. Hadiyah, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.