Penulis Utama : Nadia La Tsaniya
NIM / NIP : K3115036
×

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan Prototipe-1, Pengembangan Panduan Bibliokonseling Akademik untuk Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) berdasarkan hasil kajian empirik dan kajian teoritik yang selanjutnya siap untuk diuji validitas, kepraktisan, dan keefektifannya.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Plomp, yang dibagi menjadi tiga tahap yaitu Preliminary research, Prototyping dan Assesment Phase. Peneliti menggunakan hasil studi pendahuluan berupa angket kebutuhan mahasiswa dan wawancara.

 

Dari hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa penanganan masalah Akademik dibutuhkan dan penting bagi 76,5 % mahasiswa sekaligus perlu dibuat panduan bibliokonseling Akademik untuk mahasiswa FKIP UNS. Kedua, kajian teoritik yang didapat melalui studi kepustakaan yaitu pengertian, jenis – jenis, faktor dan penanganan permasalahan Akademik, pengertian, tujuan dan langkah –langkah layanan bibliokonseling, Selain itu peneliti melaksanakan tinjauan literatur yang membahas topik yang dalam produk bibliokonseling yaitu keterampilan berdiskusi, mencari referensi tugas di internet, eksplorasi gaya belajar dan keterampilan fokus saat belajar.

Berdasarkan kajian empirik dan teoritik di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa perlu dibuat panduan bibliokonseling Akademik untuk mahasiswa FKIP UNS yang siap di uji secara validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Panduan tersebut terdiri dari dua buku, yaitu (1) Buku Panduan dan (2) Lembar Kerja Mahasiswa. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan untuk peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian dan pengembangan bibliokonseling Akademik hingga tahap uji validitas, kepraktisan dan keefektifannya agar produk bisa digunakan sebagai upaya preventif dan kuratif permasalahan Akademik untuk mahasiswa FKIP UNS.

 

Kata kunci: panduan bibliokonseling, akademik, mahasiswa

×
Penulis Utama : Nadia La Tsaniya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115036
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Panduan Bibliokonseling Akademik untuk Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Program Studi Bimbingan dan Konseling -K3115036-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Tri Susilo, S.Pd., M.Pd
2. Rian Rokhmad Hidayat, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.