Penulis Utama : Dita Deas Syah Putri
NIM / NIP : K8413023
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk partisipasi siswa dalam mendukung program sekolah adiwiyata di SMA 5 Surakarta. (2) strategi sekolah dalam membuat siswa agar memiliki perilaku peduli lingkungan melalui program sekolah adiwiyata di SMA 5 Surakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara serta data sekunder didapatkan melalui dokumentasi dan  observasi. Pengambilan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas X, XI, dan XII serta guru sebagai pengurus program adiwiyata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 4 tahap yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa melakukan partisipasi pikiran, tenaga, keahlian, barang, dan uang   yang diterapkan dalam kegiatan adiwiyata di sekolah. (2) Sekolah menerapkan empat strategi untuk untuk membentuk perilaku peduli lingkungan kepada siswa melalui: melalui kegiatan belajar mengajar di kelas, pembiasaan dalam kehidupan keseharian di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan keseharian di rumah.
Strategi yang dilakukan oleh sekolah untuk membentuk perilaku peduli lingkungan terhadap siswa serta perilaku siswa dalam benuk partisipasinya terhadap program adiwiyata merupakan bentuk tindakan rasional instrumental. Dalam melaksanakan kegiatan, terdapat pemilihan alat yang mendukung berlangsungnya kegiatan tersebut dengan mempertimbangkan akibat yang akan
diterima untuk mencapai suatu tujuan yakni keadaan lingkungan alam yang sehat.

 

×
Penulis Utama : Dita Deas Syah Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413023
Tahun : 2018
Judul : Strategi Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Melalui Program Adiwiyata Di SMA 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarata - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Sosiologi Antropologii-K8413023-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atik Catur Budiati, S.Sos, MA
2. Drs. Slamet Subagya, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.