Penulis Utama : Ferindra Alim
NIM / NIP : K2512034
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menguji nilai kekerasan komposit kampas rem serat ijuk, (2) Menguji laju keausan komposit kampas rem serat ijuk, (3) Mengetahui masa pakai komposit kampas rem serat ijuk  apabila di aplikasikan pada sepeda motor.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik analisis data berupa analisis deskriptif. Pengujian laju keausan kampas rem serat ijuk dilakukan dengan pengujian uji jalan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kampas rem komposit serat ijuk dengan komposisi komposit kampas rem prosentase serat ijuk 55%, kuningan (Cu-Zn) 15%, magnesium oksida (MgO) 20%, dan resin epoxy 10%. Perbandingan campuran bahan komposit menggunakan  perbandingan massa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil pengujian kekerasan Brinell kampas rem dengan komposisi material serat ijuk 55%, kuningan (Cu-Zn) 15%, magnesium oksida (MgO) 20%, dan resin epoxy 10% mendekati nilai kekerasan kampas rem Indoparts, dimana nilai kekerasan kampas rem serat ijuk 10.07 BHN dan kampas rem Indoparts 12,67 BHN. Hal ini membuktikan bahwa kampas rem serat ijuk dapat diaplikasikan pada sepeda motor, (2) Hasil pengujian menunjukkan bahwa laju keausan kampas rem serbuk serat ijuk adalah 0,000314 mm/km. Hal ini membuktikan bahwa keausan kampas rem serat ijuk memiliki laju keausan yang baik dan sudah layak untuk dipasang pada sepeda motor, (3)Hasil pengujian  menunjukkan bahwa umur kampas rem serat ijuk yang memiliki ketebalan 5 mm dapat dipakai mencapai 14.331 km atau 107.484 kali pengereman, hal ini membuktikan bahwa umur kampas rem serat ijuk ini layak untuk diproduksi.

 

×
Penulis Utama : Ferindra Alim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512034
Tahun : 2016
Judul : Kaji Eksperimental Penggunaan Kampas Rem Komposit Serat Ijuk Pada Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Teknik Mesin-K2512034-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto, M.
2. Budi Harjanto, S.T., M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.