Penulis Utama : Lia Yuni Asih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5117011
Tahun : 2020
Judul : Meningkatkan Kemampuan Pengembangan Diri saat Menstruasi Menggunakan Metode Simulasi pada Anak Tunagrahita Kelas V SLB Paedagogia Maospati Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Program Studi Pendidikan Khusus -X5117011-2020
Subyek : TUNAGRAHITA, PENGEMBANGAN DIRI SAAT MENSTRUASI, METODE SIMULASI.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengembangan diri saat menstruasi menggunakan metode simulasi pada anak tunagrahita kelas V SLB Paedagogia Maospati, Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V tunagrahita SLB Paedagogia Maospati yang berjenis kelamin perempuan dan memiliki jenis ketunaan  tunagrahita.  Subyek berjumlah 3 orang.

Tehnik pengumpulan data dalam penelitian tindakan ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes.  Analisis data  yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Penelitian ini menggunakan 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Pra siklus diadakan terlebih dahulu observasi kemampuan pengembangan  diri  peserta  didik  saat  menstruasi.  Dan  Setiap  siklus  dimulai dengan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi sebelum melakukan tes kemampuan pengembangan diri saat menstruasi.

Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan kemampuan pengembangan diri anak saat menstruasi yaitu pada siklus I menunjukkan bahwa 2 orang subyek atau ketuntasan baru mencapai 33%, siklus 2 menunjukkan bahwa 2 orang siswa telah mencapai target KKM yaitu 75, atau ketuntasan meningkat menjadi 66%, dan hasil tindakan pada siklus 3 menunjukkan bahwa 3 orang siswa telah mencapai target KKM atau ketuntasan mencapai 100%. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode simulasi dapat meningkatkan kemampuan pengembangan   diri   saat   menstruasi   pada   anak   tunagrahita   kelas   V   SLB Paedagogia Maospati Tahun pelajaran 2019/2020.

 

Kata kunci : Tunagrahita, pengembangan diri saat menstruasi, metode simulasi. 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
bab III.pdf
bab IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sugini, S.Pd., M.Pd
2. Mohammad Anwar, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP