Penulis Utama : Irfan Bagus Irawan
NIM / NIP : K2313031
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh remidiasi pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe make a match dan mind mapping pada materi materi Hukum Gravitasi Newton terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas X SMA N 3 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kajian dokumen, dan tes. Instrumen yang digunakan divalidasi oleh dosen pembimbing dengan tahapan tertentu. 
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe make a match dan mind mapping pada materi materi Hukum Gravitasi Newton dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Boyolali. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan  pada siswa kelas X MIA 4 pada tes formatif pokok bahasan Hukum Gravitasi Newton. Sebelum tindakan persentase ketuntasan sebanyak 30,30 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 69,70 %, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 100 %. Sehingga dapat dikatakan bahwa seluruh siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 7 Boyolali dapat memenuhi nilai KKM (75) yang telah ditentukan oleh sekolah setelah mengikuti kegiatan remediasi pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe make a match dan mind mapping pada materi materi Hukum Gravitasi Newton.

 

×
Penulis Utama : Irfan Bagus Irawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2313031
Tahun : 2017
Judul : Remediasi Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Dan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Gravitasi Newton Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 BoyolaliRemediasi Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Dan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Gravitasi Newton Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Fisika-K2313031-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Jamzuri, M.Pd.
2. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.