Penulis Utama : Lisa Mahmuda
NIM / NIP : K3113038
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik token economy
untuk meningkatkan efikasi diri pada peserta didik kelas V SD Negeri Tanjung 02
Nguter Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan one-group pre-test post-test design. Subjek penelitian diambil dari peserta didik yang memiliki efikasi diri rendah dan rekomendasi dari guru wali kelas. Berdasarkan rekomendasi dari guru wali kelas bahwa 13 anak merupakan jumlah yang sedikit untuk peserta didik satu kelas. Untuk itu, seluruh peserta didik kelas V dijadikan subjek penelitian.
Treatment   teknik   token   economy   dilaksanakan   selama   enam   kali pertemuan, yang dalam pelaksanaannya peneliti berkolaborasi dengan guru wali kelas V. Analisis data menggunakan analisis statistik non parametrik uji Wilcoxon untuk mengetahui peningkatan efikasi diri peserta didik kelas V SD Negeri Tanjung 02 Nguter. Selain uji Wilcoxon, digunakan analisis klinis untuk meng- etahui perubahan perilaku (efikasi diri) setelah diberikan treatment teknik token economy.
Hasil analisis uji Wilcoxon diketahui bahwa Z   sebesar -3,187b    dengan nilai signifikansi 0,001. Hasil tersebut menunjukkan 0,001 < 0>dalam  pembelajaran.  Sesudah  diberi  treatment  teknik  token  economy,  peserta didik menjadi berani bertanya kepada guru, berani berpendapat di dalam kelas, siap menghadapi tantangan, berani maju ke depan kelas, dan dapat memusatkan perhatian dalam pembelajaran. Hasil tersebut dapat dimaknai bahwa treatment teknik token economy efektif untuk meningkatkan efikasi diri pada peserta didik Kelas V SD Negeri Tanjung 02 Nguter tahun ajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Lisa Mahmuda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113038
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Tanjung 02 Nguter Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bimbingan Konseling-K3113038-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Sutarmi Fadhilah, M.Pd
2. Dra. Sri Wiyanti H, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.